Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) diresmikan pada tahun 2005. Sesuai dengan SK Rektor tahun 2005 Departemen IKK memiliki mandat untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan menfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Saat ini, Departemen IKK melayani program pendidikan S1 di bidang Ilmu Keluarga dan Konsumen, program pendidikan S2 dan program pendidikan S3 di bidang I Ilmu Keluarga dan Konsumen. Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 227/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XI-2013 menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Ilmu Keluarga dan Konsumen – IPB Terakreditasi A dari 9 November 2013 – 9 November 2018. Lulusan Departemen IKK dipersiapkan untuk dapat bekerja di pemerintahan dan di masyarakat untuk membantu mengatasi masalah keluarga dan konsumen. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti  Departemen IKK berperan penting dalam pengembangan ilmu keluarga dan konsumen.

Alamat

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen
Gedung FEMA Lantai 2, Kampus IPB Dramaga Bogor, Jawa Barat
Telepon : 0251-8628303, 8627432
Faksimili : 0251-8627432, 8622276
E-mail : ikk_fema [at] ipb.ac.id
Situs web: http://ikk.fema.ipb.ac.id

Link PDPT : https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi/detail/QkFCNjc4Q0ItQzcwQy00MEE3LTkwODQtQTY2QkJBNzA2MDY0

Nama Mayor / Kode Mayor

Ilmu Keluarga dan Konsumen/ I21

Akreditasi

A – 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013

Jabaran Learning Outcomes

Jumlah Dosen

Profesor Doktor (2), Doktor (8), Magister (7)
selengkapnya…

Mandat

Pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengmbangan kualitas anak seta pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Keunggulan

Merupakan satu-satunya departement di indonesia yang mengembangkan ilmu keluarga dan konsumen, khususnya dalam kaitan dengan pengelolahan sumberdaya keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas SDM.

Fasilitas

Ruang kuliah nyaman dilengkapi audio visual dan jaringan internet, ruang baca, free internet hotspot, laboratorium keluarga dan kembang anak, serta laboratorium pendidikan dan perlindungan konsumen.

Kerjasama Institusi

BKKBN (Ketahanan Keluarga), Depsos (Pemberdayaan Keluarga), diknas (Pengembangan Pendididkan Karakter), Bappenas (keterjaminan Sosial Dan Pengentasan Kemiskinan), kementrian pemberdayaan perempuan (Gender), swasta (Pengembangan Sekolah Karater) dan LSM (Tumbuh Kembang Anak Dan Pemberdayaan Keluarga).

Kompetensi Lulusan

  • Mampu menguasai konsep dan teori ilmu keluarga dan konsumen, khusus dalam bidang ilmu keluarga dan perkembangan anak serta ilmu konsumen dan ekonomi keluarga, dan mampu mencari formulasi alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan alternatif penanganan masalah dan mampu memberikan advokasi dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga, peningkatan kualitas dan perlindungan anak, serta pemberdayaan komsumen.
  • Mampu melakukan upaya peningkatan ketahanan keluarga, peningkatan kuelitas anak, serta permberdayaan konsumen secara mandiri dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab dan dapat di pertanggungjawab-kan sesuai dengan profesi dan kompetensinya.

Lapangan Kerja

  • Industri jasa konsultasi di bidang keluarga,tumbuh kembang anak& pemberdayaan wanita pendidikan, pengelola/pendidik di institusi pendidikan anak usia dini
  • Tenaga akademi & penelitian, serta penanganan “customer service/complaint”
  • Pengelola program bidang pemberdayaan keluarga dan konsumen serta tumbuh kembang anak di LSM& Lembaga pemerintahan.

Kurikulum

================================================================

Adress

Family and Consumer Science Department 

FEMA, IPB University Dramaga Bogor, 16680 West Java, Indonesia

Telp/Fax : 0254-8628303 , 8627432 / 0251-8627432, 8622276

Email       : ikk_fema@ipb.ac.id

Website   : http://ikk.fema.ipb.ac.id

Link PDPT : https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi/detail/QkFCNjc4Q0ItQzcwQy00MEE3LTkwODQtQTY2QkJBNzA2MDY0

Major/ Major Code

Family and Consumer Science

Accreditation

A/ BAN-PT No.2869/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018

Mandate

To develop science and technology for families and consumers to achieve family welfare by focusing on the development of children’s qualities and the empowerment of families and consumers.

Divisions

(1) Family Sciences; (2) Child Development; and (3) Consumer and Family Economy Sciences.

Competencies of the Graduate

Bachelor in Family and Consumer Sciences Department will have competence such us:

  1. Capable to apply principles of family and consumer sciences by utilizing science and technology (IPTEKS) to improve child quality, Family resilience, and toughness as well as consumers are able to adapt with community to make efforts to promote family;
  2. Mastering the concepts and theories of family and consumer sciences, especially in family science and child development, family economics and consumer sciences, and capable to find alternative solutions to improve the family welfare;
  3. Capable to take the right decisions in determining the alternative handling problems and advocate for increase of family resilience, to improve and protection of children, and consumer empowerment.
  4. Capable to promote family resiliency efforts, improving the quality of children, and empowering consumers, independently and in groups with full responsibility and be accounted for in accordance with the profession and competence.

Curriculum of Undergraduate Program

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*