Bogor (12/01) – Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc Guru Besar Perilaku Konsumen FEMA, IPB memberikan pelatihan Menulis Literature Riview dalam Disertasi dan Artikel kepada Guru di SMA/SMK se-Jawa Barat secara daring dan disiarkan langsung melalui kanal youtube TOT Jabar. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kopentensi guru di Jawa Barat dalam menulis karya ilmiah.

Prof. Ujang menjelaskan bahwa menulis adalah salah satu kompetensi kunci yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik salah satunya guru. Selain karya ilmiah, tulisan yang baik juga dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi dalam menyampaikan informasi, pendapat, hingga melakukan lobbying.

Sebagai akademisi, menulis artikel ilmiah merupakan suatu keharusan. Prof. Ujang menjelaskan bahwa mengumpulkan artikel ilmiah sebelum menulis adalah tahapan yang penting.

“dengan mengumpulkan artikel ilmiah seorang penulis dapat menghasilkan temuan baru” ujar Prof. Ujang Sumarwan

Beliau mengatakan bahwa lima puluh persen disertasi dikatakan selesai jika literatur riview sudah selesai. Tidak ada aturan yang membatasi jumlah artikel ilmiah yang dapat dijadikan sebagai dasar literatur riview, penulis harus terus membaca dan mencari artikel ilmiah yang relevan sampai menemukan kebaruan.

“usahakan menggunakan artikel ilmiah terbaru, tahap awal kita dapat mengunakan artikel ilmiah 5 tahun kebelakang, jika belum menemukan kebaruan bisa menggunakan 5 tahun selanjutnya” jelasnya

“Artikel ilmiah yang digunakan sebagai bahan literature riview harus relevan dengan topik yang akan ditulis” lanjut Prof. Ujang Sumarwan

Jenjang pendidikan seseorang menentukan kedalaman analisis artikel ilmiah. Semakin tinggi jenjang pendidikan penulis, maka literature riview yang dihasilkan harus semakin dalam. Misalkan, dalam satu topik yang sama, mahsiswa S1 cukup melakukan analisis data, mahasiswa S2 melakukan analisis data dan merumuskan implikasi menejerial, dan mahsiswa S3 melakukan analisis, merumuskan kebaruan, dan menciptakan kebaruan.

Ruly Budiman salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa materi yang disampaikan oleh Porf. Ujang sangat bermanfaat, mengingat kurikulum SMA saat ini mengharuskan siswanya untuk membuat karya ilmiah.

“informasi dalam pelatihan ini perlu disebarluaskan kepada guru-guru yang lain karena sangat bermanfaat” ujar Ruly Budiman