LOKAKARYA PENJAMINAN MUTU INTERNAL DAN AUDIT INTERNAL

Senin, 15 November 2021 Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB melaksanakan Lokakarya Sistem Penjaminan Mutu dan Audit Internal; Penjaminan mutu, reputasi, dan continous improvement secara luring di Kampus IPB Taman Kencana.

Sebagai unit penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi, aspek mutu merupakan kebutuhan yang harus dijamin sesuai standar. Dalam hal ini, FEMA melaksanakan penjaminan mutu berdasarkan kebijakan dan peraturan yang ditetapkan IPB. Luaran pendidikan adalah lulusan yang mempunyai kompetensi dengan hard skills dan soft skills (termasuk  berakhlak) dan di IPB dikenal sebagai agile learners. Untuk menghasilkan lulusan sesuai harapan, peningkatan mutu secara terus menerus dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktifitas pendidikan.

Seiring dengan berbagai perubahan kebijakan, baik di tingkat nasional mau pun di IPB, termasuk strategi yang perlu ditempuh untuk melaksanakan jaminan mutu dan audit internal setelah berakhirnya audit eksternal oleh PT Sucofindo pada 2021, maka dipandang perlu untuk melakukan lokakarya mengenai sistem penjaminan mutu dan audit internal ini.

Lokakarya dihadiri oleh Dekan FEMA IPB yakni Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaa FEMA IPB yakni Dr. Ir. Siti Amanah, M.Sc, Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan yani Dr. Katrin Roosita, Sp., M.Si, para ketua dan sekretaris departemen di lingkungan FEMA, ketua dan sekretaris program studi di lingkungan FEMA, kepala divisi di lingkungan FEMA, Komisi pendidikan di lingkungan FEMA, KTU di lingkungan FEMA, dan staff FEMA.

FEMA mengundang narasumber yang berpengalaman dalam penjaminan mutu dan audit internal di lingkungan IPB yakni; Dr. drh. Chairun Nisa’, M.Si untuk kebijakan SPMI, Dr. Wonny Ahmad Ridwan untuk audit mutu internal, dan Dr. Yudi Chadirin, S.TP., M.Agr. untuk Strategi dan Lesson learned Pengisian Borang LED newSPMI dan Diskusi.

Lokakarya berjalanan secara interaktif, narasumber dan peserta lokakarya berkesempatan untuk melakukan diskusi dua arah. Peserta dapat berkonsultasi terkait kendala yang dihadapi dalam penjaminan mutu dan audit internal.

FEMA terus berkomitmen untuk memberikan sistem pendidikan dan pelayanan terbaik bagi peserta didik dan seluruh masyarakat FEMA.

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*