Prof. Dr. Ir. Hidayat Syarief, M.S adalah putra ke-4 dari pasangan H. Udju Solihin dan ibu Hj. Maemunah. Beliau merupakan sosok inspiratif yang dikenal sangat peduli dengan dunia pendidikan. Kepedulian beliau terhadap dunia pendidikan sudah terpatri sejak menempuh pendidikan sarjana.

Prof. Dr. Ir. Hidayat Syarief, M.S menempuh pendidikan sarjana Teknologi Hasil Pertanian (THP) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Beliau dibimbing oleh Ir. Soesarsono Wijandi M.Sc (alm) yang juga merupakan besannya. Setelah lulus S1, Prof. Hidayat Syarief bersama teman-teman HMI Universitas Ibnu Khaldun (UIK) Bogor, mendirikan sebuah Yayasan untuk masyarakat kurang mampu di Bogor yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. Yayasan tersebut Bernama Yayasan Tarbiyatul Muslimin (YTM). Selain itu, Prof. Hidayat Syarief juga membangun sekolah SMA dibawah naungan Yayasan Bina Bangsa Sejahtera (YBBS).

Pada tahun 1975 Prof. Hidayat Syarief melanjutkan studi magister Statistika Terapan di Sekolah Pasca Sarjana IPB. Beliau dibimbing oleh Prof. Dr. Andi Hakim Nasoetion (alm) seorang guru yang sangat perhatian kepada mahasiswanya. Selanjutnya, pada tahun 1979 Prof. Hidayat Syarief menempuh pendidikan Doktoral di NCSU (North Carolina State University) di Raleigh. Setelah menyelesaikan tugas belajarnya, beliau kembali ke IPB dan membantu perubahan jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) menjadi jurusan Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK). Prof. Hidayat memiliki etos kerja yang tinggi, dengan pola kerja sistematis dan tidak meninggalkan residu. Beliau memiliki prinsip kerja ‘every day clean desk’ yakni harus menyelesaikan semua pekerjaan pada hari itu juga. Beliau selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan yang diamanahkan dengan baik. Oleh karena itu, ketika beliau ditunjuk menjadi ketua GMSK pada tahun 1986 beliau berhasil membawa GMSK menjadi jurusan yang unggul. Salah satunya buktinya adalah Gedung GMSK.

Hingga saat ini semangat dan jejak Langkah beliau telah banyak menginspirasi. Saat ini YBBS sudah memiliki TK, SD, SMP, dan SMA.