Bring Back Adikarta Kertawidya to Its Home

“… kita Bisa, IPB Juara, IPB Digaya.” — Adikarta Project

Adikarta project, suatu komitmen untuk membawa piala kebanggaan Juara Umum PKM-PIMNAS (Pekan Kreativitas Mahasiswa-Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) kembali ke rumahnya, IPB University. Project ini dilaksanakan dengan tekad dan semangat yang kuat dalam menggali potensi dan inovasi mahasiswa IPB University pada program PKM-PIMNAS untuk mewujudkan cita-cita besar meraih penghargaan di bidang program penalaran. Adikarta project berpegang teguh pada 3 pondasi dasar, yaitu

  1. Semangat untuk belajar memberikan yang terbaik
  2. Semangat untuk menyatukan asa dan cita institusi
  3. Tekad kuat untuk meraih penghargaan tertinggi PKM-PIMNAS

Gambar di bawah menjelaskan mengenai Skema yang ditawarkan oleh Adikarta Project kemudian dikenal dengan Adikarta project-Spring.

Adikarta Project-Spring terlebih dahulu akan mengadakan brainstorming untuk membentuk perspektif dan pemahaman yang sama terkait step by step PKM 2021 sebagaimana aturan dan ketentuan yang berlaku. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-11 Januari 2021. Selanjutnya Adikarta project-Spring akan mulai melaksanakan skema di atas.

  1. Adikarta Project Training (13-17 Januari 2021)

Pelatihan secara online, offline, atau melalui media tutorial  lainnya. Target dari pelatihan ini adalah reviewer, pendampingan, ormawa, PKM Centre, dan mahasiswa PKM. Beberapa kegiatan pelatihan meliputi pelatihan menemukan ide kreatif, membentuk tim PKM yang solid, administrasi PKM, penulisan ide dan proposal, serta pendalaman substansi ide dan proposal PKM.

  • Ide Crafting Class (18-21 Januari 2021)

Workshop dan seminar online yang dilakukan oleh setiap fakultas atau sekolah. Dalam kegiatan ini akan disampaikan 2 materi yaitu:

  1. PKM 101; Cara Membuat Ide yang Baik dan Realistis. Disampaikan oleh pemateri eksternal dalam bidang critical thingking and idea crafting
  2. PKM Perbidang; pemaparan masalah yang sedang terjadi baik lokal maupun global sehingga menjadi referensi mahasiswa dalam membuat ide
  3. Unggah dan Riview Ide Kreatif

Proses mengunggah ide kreatif mahasiswa melalui lama https://pkmcenter.ipb.ac.id/sim. Ide yang sudah dikumpulkan/diunggah pada laman tersebut akan direview secara intensif oleh reviewer wilayah/fakultas dan IPB untuk bisa menghasilkan proposal berkualitas yang siap diunggah pada laman https://simbekmawa.kemendikbud.go.id/

  • Hackathon Ide dan Proposal Tingkat Unit/Fakultas dan IPB

Pembinaan intensif yang berfokus pada penggalangan dan pendalaman ide kreatif serta pendalaman proposal tingkat fakultas dan IPB.

  • Elevator Pitch

Presentasi per-bidang PKM sebagai Langkah akhir dalam proses seleksi proposal di tingkat IPB untuk selanjutnya diunggah pada laman Simbelmawa DIKTI. Pada tahap ini perlu disaring sebanyak 700 proposal berkualitas dan ditentukan juara per bidang PKM.

  • Enrichment

Proses pengayaan atau transfer knowledge kepada mahasiswa, meningkatkan semangat mengikuti PKM dan mampu mengembangkan kemampuannya dalam menulis maupun presentasi. Proses enrichment dilakukan pada hackathon ide dan hackathon proposal

  • Coaching dan Validasi Substansi

Proses pendampingan perbaikan proposal PKM yang telah lolos pitching PKM baik secara substansi dan administrasi untuk menghasilkan proposal berkualitas dan Zero Mistake

  • Unggah  Proposal

Fase pengunggahan proposal final ke website Simbelmawa DIKTI dan SIM PKM IPB dan melewati validasi substansi dan administrasi yang ketat oleh dosen riview (wilayah/IPB), melalui portal https://simbelmawa.kemendikbud.go.id/Login.aspx dan https://pkmcenter.ipb.ac.id/sim

Adikarta project juga menyediakan platform online berbasis website yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen untuk proses komunikasi dan koordinasi PKM. Website tersebut dapat diakses pada laman https://pkmcenter.ipb.ac.id. Mahasiswa dan dosen dapat melakukan beberapa kegiatan melalui platform tersebut, diantaranya

  1. Interaksi dan diskusi dengan dosen dan sesame mahasiswa
  2. Mengunggah ide dan proposal PKM
  3. Review ide dan proposal secara online
  4. Pendampingan PKM

Selain kegiatan di atas, platform tersebut juga memudahkan mahasiswa dan dosen melakukan tracking,  karena database PKM akan  terpusat disimpan dalam web tersebut dan dapat diakses oleh semua stakeholder.

Tentang PKM-PIMNAS

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan kompetisi penalaran bergengsi yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi sejak tahun 1988. Kompetisi ini sebagai bentuk upaya menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif dan inovasi mahasiswa di Seluruh Indonesia. Harapannya mahasiswa yang berpartisipasi dalam PKM dapat meningkatkan pengetahuan akademik, kemampuan berkomunikasi, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan manajemen mereka. Berikut beberapa kategori yang dilombakan dalam PKM.

IPB mendidik mahasiswanya untuk kreatif dalam menciptakan inovasi, tanggap terhadap kebutuhan masyarakat masa kini, kompetitif dan resilien terhadap tantangan, serta mampu bekerjasama dalam menggapai tujuan. Kompetensi-kompetensi tersebut sangat dibutuhkan dalam kompetisi PKM. Mahasiswa akan dihadapkan pada beberapa tantangan yang harus mereka hadapi, diantaranya adalah

  1. Ide Program

Mahasiswa dituntut untuk memiliki ide program yang kreatif dan berdaya saing. Selain itu juga inovatif dan memiliki tingkat kebermanfaatan yang tinggi. Tingkat kebermanfaatan yang tinggi membuktikan bahwa mahasiswa tanggap dengan kebutuhan yang berkembang. Ide inovasi yang diusulkan juga harus memiliki sasaran yang jelas, misalkan kepada populasi masyarakat pedesaan secara luas atau spesifik kepada penderita penyakit tertentu. Potensi dan keberlanjutan ide yang ditawarkan juga harus terukur dengan jelas.

Untuk menciptakan ide inovasi yang memenuhi syarat tersebut, mahasiswa harus banyak membaca, baik itu buku, berita, perkembangan ilmu pengetahuan, atau keadaan masa kini. Harapannya dengan membaca mahasiswa dapat lebih update terhadap informasi dan perkembangan yang sedang terjadi. Selain membaca mahasiswa juga harus aktif berdiskusi dan searching agar melatih kepekaan dan daya piker yang kritis terhadap suatu fenomena.

  • Kompetensi Tim

Salah satu faktor penentu keberhasilan suatu tim adalah kemampuan untuk memecahkan masalah dari masing-masing anggota tim. Disarankan dalam satu tim memiliki kompetensi yang beragam, sehingga mampu menambah variasi penyelesaian suatu masalah dan menghindari pola piker yang monoton dan mainstream.

  • Kriteria Pengusulan dan Zero tolerance

Ajang PKM memiliki peraturan yang pakem, sehingga mahasiswa harus cermat dalam memenuhi persyaratannya.

  • Output PKM

Tim harus bekerjasama dalam menyelesaikan semua outpun yang diminta dalam kompetisi PKM; berupa ide yang berkualitas unggul, proposal pengajuan, laporan kemajuan program dan laporan akhir, video dokumentasi, buku pedoman, dan artikel ilmiah.

Puncak dari kegiatan PKM adalah PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ajang kompetisi nasional antar perguruan tinggi di Indonesia. Pada ajang ini, mahasiswa perwakilan masing-masing universitas berlomba-lomba menampilkan inovasi terbaiknya. Setiap tahunnya IPB selalu mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya untuk berkompetisi dan membawa pulang “Adikarta Kertawidya”.

Selama 3 tahun terakhir, grafik prestasi IPB dalam PIMNAS terus meningkat. Pada tahun 2020 IPB berhasil menjadi juara 3 dengan mengantongi 4 medali emas 14 medali perak dan 4 medali perunggu. Pada tahun 2004 dan 2005 IPB pernah membawa pulang piala juara umum PIMNAS, dan pada tahun 2016 IPB menjadi tuan rumah bagi terselenggaranya PIMNAS 26. Tahun ini IPB siap menjadi untuk kembali membawa pulang piala juara umum PIMNAS.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*