Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (HIMASIERA) Fakultas Ekologi Manusia IPB mengadakan rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama bulan Februari hingga September 2019 di Desa Neglasari dan DAS Ciliwung.

Dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi poin pengabdian kepada masyarakat sekaligus menyalurkan minat dan bakat mahasiswa Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM), Himasiera mengusung tema besar Pengabdian Kepada Masyarakat. Kegiatan ini terdiri dari tiga program besar dengan fokus yang berbeda-beda namun tetap selaras.

Program pertama adalah himasiera turun desa, yakni kegiatan pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berfokus pada pengembangan potensi lokal. Salah satu potensi lokal yang diangkat dari Desa Neglasari adalah pisang. Himasiera dan masyarakat bersama-sama memperoduksi kripik pisang. Tidak hanya berhenti pada produksi, Himasiera juga membantu masyarakat Neglasari untuk memasarkan produk olahannya.

Program selanjutnya adalah Himasiera Mengajar, yakni Pendidikan gratis untuk meningkatkan pengetahuan akademik dan non-akademik anak-anak usia sekolah di Desa Neglasari. Himasiera mengajar difokuskan pada penanaman moral dan/atau budi pekerti untuk mengembangkan kualitas dan kapasitas anak-anak di Neglasari.

Program terakhir adalah Revolution atau Research Volunteer in Action. Berbeda dengan dua kegiatan lainnya, Revolution merupakan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan Tridharma Pergutuan Tinggi poin penelitian. Disamping itu mahasiswa dapat mengasah kepekaan untuk analisis masalah sebagaimana dibang keprofesian KPM. Revolution dilaksanakan di DAS Ciliwung dengan fokus normalisasi fungsi Sungai Ciliwung.  Mahasiswa yang berpartisipasi dituntut untuk mendapatkan data terkait sekaligus melakukan akis yang dapat membantu masyarakat. Tindakan ini diharapkan mampu menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa sehingga lebih peka terhadap lingkungan dan peristiwa sosial. Hasil penelitian disampaikan dalam forum lokakarya yang mengundang dosen dan himpunan mahasiswa lain yang memiliki fokus penelitian terkait.

—‐—————————————————————————————————————-

-Membumi dan Mendunia-
📧 fema@apps.ipb.ac.id
🌐 fema.ipb.ac.id
☎️ +62 819 5912 5955
📷 ipbfema

Penulis : Asy Khofsah, S.KPm