DUKUNG SDG’S, BEM FAKULTAS PERTANIAN DAN BEM FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA IPB BERKOLABORASI DENGAN IBEMPI GELAR KOMPETISI BERSKALA NASIONAL

Kolaborasi antara Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (BEM FEMA) dan Fakultas Pertanian (BEM FAPERTA) yang didukung oleh Munas Rakernas IBEMPI (Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia) menghasilkan sebuah kegiatan perlombaan esai dan poster bernama AE-COM 2020. Kegiatan ini merupakan event perlombaan berskala IPB yang awalnya berbasis offline. Kondisi pandemi ini tidak menyurutkan semangat panitia sehingga AE-COM ini tetap diadakan dengan konsep online bahkan berskala nasional. Walaupun terselenggara secara online, partisipasi peserta AE-COM 2020 berasal dari berbagai universitas bahkan di luar Pulau Jawa.

AE-COM 2020 merupakan singkatan dari Agriculture and Ecologist Competition yang mengambil konsep dari kedua fakultas penyelenggara yaitu Pertanian dan Ekologi Manusia. Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Eco-Agriculture for Suistainable Development Goals 2030, kegiatan ini mengusung pencapaian tujuan dalam Sustainable Development Goals (SDG’s) 2030. Partisipasi peserta berasal dari 20 universitas di Indonesia, kemudian diseleksi menjadi finalis 10 besar untuk setiap cabang lomba. Masing-masing menyuarakan ide dan pemikirannya terkait bagaimana bidang pertanian dalam arti luas ini dapat dioptimalkan sehingga dapat mencapai poin SDG’s. Secara tidak langsung, para peserta diminta untuk dapat melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda, menganalisis penyebab, kemudian mengemukakan ide atau gagasan kreatif dengan penjabaran berbasis ilmiah dalm bentuk esai dan poster. Selain itu, AE-COM 2020 ini dapat menjadi pengisi kegiatan positif dan produktif di saat-saat “Work from Home” ini.   AE-COM 2020 dibuka pada 23 Februari 2020 dan ditutup pada Minggu, 23 Agustus 2020 sebagai tahap presentasi dan pengumuman pemenang via online menggunakan platform Zoom Meeting. Kegiatan dihadiri oleh ketua BEM kedua fakultas, Dekan FEMA yaitu Bapak Prof. Dr.Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, para dewan juri, pengisi acara berupa Stand Up Comedy, serta para 10 besar finalis setiap cabang lomba dari berbagai universitas seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, dan lain-lain.  AE-COM 2020 mendapat tanggapan positif dari Dekan FEMA dalam sambutannya. Selain itu, komentar positif juga didapatkan dari finalis  seperti “Acaranya luar biasa ga nyangka, acara perlombaan online bisa sebegitu kerennya” ujar Suden salah satu finalis lomba esai.


-Membumi dan Mendunia-
Web : fema.ipb.ac.id
IG : femaipb
WA : +62 819-5912-5955

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*