Dalam rangka mewujudkan salah satu visi Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB yang mendunia, FEMA menyelenggarakan pelatihan Bahasa Inggris bagi para dosen. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama antara FEMA IPB dengan ILP Cimanggu Bogor. Sekitar 20 dosen mengikuti pelatihan yang dijadwalkan rutin tiap minggu. Melalui pertemuan tatap muka sebanyak 24 pertemuan dengan native speaker, peserta dilatih materi-materi pengembangan kemampuan speaking dan listening.

Dekan FEMA, Dr. Arif Satria menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, namun juga memotivasi para dosen untuk lebih percaya diri dalam melakukan presentasi di forum-forum Internasional. “Dalam pelatihan, secara otomatis para dosen akan saling sharing motivasi untuk aktif dalam forum internasional”, ujarnya. Selain itu, salah seorang peserta menuturkan, “Melihat kemampuan peserta lain yang lebih baik dalam berbahasa Inggris, saya terdorong untuk terus belajar dan mempraktikkan”.

Dr. Arif Satria juga menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ini sejalan dengan salah satu kebijakan FEMA yang mewajibkan mahasiswanya menggunakan Bahasa Inggris dalam presentasi kolokium/seminar tugas akhir. Kebijakan ini sebagai tahap awal untuk membiasakan mahasiswa mahir berbahasa Inggris. “Dosen harus lebih siap dalam mendampingi mahasiswanya”, ujarnya. (nhm)