Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB menyelenggarakan Pelatihan Kebersihan dan Penyajian Makanan di Hotel Savero Golden Flower, Sabtu (6/12). Pelatihan diikuti oleh sekitar 20 orang yang merupakan staf tenaga kebersihan di lingkungan FEMA dan pedagang di Kantin Plasma FEMA. Sebelumnya FEMA pernah menyelenggarakan kegiatan serupa, namun kali ini peserta dibekali dengan praktek setelah memperoleh materi dari narasumber.

Hadir sebagai narasumber adalah ahli bidang perhotelan dari Bogor Hotel Institute (BHI) dan Manajer Hotel Savero Golden Flower. Narasumber memaparkan tentang standar mutu kebersihan dan penyajian makanan sesuai standar di hotel serta cara-cara melaksanakannya. Praktik dilakukan oleh peserta secara langsung di lingkungan hotel. Melalui praktek, peserta mengaku lebih mudah mengingat materi yang disampaikan. Peserta juga mampu membandingkan sejauhmana kinerja mereka selama di FEMA dengan standar mutu yang diterapkan di hotel melalui hotel tour.

Dalam sambutannya, Dr. Arif Satria selaku Dekan FEMA menyampaikan, “Saya menginginkan ketika masuk ke FEMA dapat merasakan seperti berada di hotel bintang lima”. Dr. Arif Satria juga menambahkan bahwa pelatihan ini diselenggarakan juga dalam rangka memberikan pengalaman belajar bagi para tenaga kebersihan FEMA. Pelaksanaan pelatihan ini seiring dengan agenda FEMA untuk mengembangkan Green Plasma yang salah satunya mengembangkan Kantin Sehat. Dalam hal ini, unsur kebersihan baik lingkungan Plasma maupun higienitas makanan sangat penting.