Rabu (23/11), Komisi IV DPR RI menerima kunjungan sebanyak lebih dari 70 mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Hadir Wakil Ketua Komisi IV, Daniel Johan, SE dan Viva Yoga Muladi, M.Si serta beberapa jajaran anggota Komisi IV yaitu H. Oo Sutisna, SH; Ono Surono, ST; Susi Marleny Bachsin, SE, MM; Ir. Ichsan Firdaus, Ir. KRT H. Darori Wonodipuro, MM; Hj. Kasriyah; Drs. I Made Urip, M.Si; Ir. Azhar Romli, M.Si; dan H. Fadly Nurzal, S.Ag untuk melakukan diskusi dengan mahasiswa. Komisi IV secara khusus mengelola bidang pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan dan lingkungan. Bidang-bidang ini merupakan sektor strategis di Indonesia dan merupakan inti keilmuan di IPB. Dalam waktu yang bersamaan, hampir 100 mahasiswa FEMA IPB lainnya mengunjungi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mendengarkan Kuliah dan berdiskusi dengan Wakil Ketua KPK, Laode M. Sharif.

Ini merupakan bagian kegiatan belajar mata kuliah Politik Sumberdaya Alam, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat FEMA IPB dan mata kuliah Transformasi dan Gerakan Agraria, Program Studi Sosiologi Pedesaan FEMA IPB. Kegiatan ini bertujuan: 1) agar mahasiswa memahami peran DPR dalam hal legislasi, penganggaran, dan pengawasan pembangunan pertanian, perikanan, kehutanan dan lingkungan, serta peran KPK dalam menangani kasus-kasus korupsi yang berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya alam; 2) melatih mahasiswa untuk melakukan advokasi; 3) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan pemikiran kritis tentang pembangunan pertanian, perikanan, kehutanan dan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, berbagai isu didiskusikan antara DPR dengan mahasiswa seperti isu reklamasi, privatisasi wilayah pesisir dan laut, kedaulatan pangan, reforma agraria, pengembangan sawit, dan sebagainya. Dari diskusi yang berlangsung, DPR mengajak mahasiswa untuk memahami tantangan-tantangan dalam mengimplementasikan regulasi yang dibangun dalam konteks yang ideal.

Disamping itu, diskusi yang berlangsung di KPK juga menarik. Mahasiswa sempat mempertanyakan ujung kasus korupsi reklamasi Teluk Jakarta yang pernah hangat di masyarakat. Wakil Ketua KPK juga mengajak kolaborasi seluruh elemen masyarakat dalam memberantas korupsi di bidang sumberdaya alam, termasuk mahasiswa FEMA IPB. Hal ini dikarenakan bidang ini meyangkut berbagai kepakaran dan kepentingan. Menindaklanjuti kegiatan ini, FEMA akan bekerjasama dengan KPK dalam menyelenggarakan pendidikan anti korupsi.

Terakhir, harapan kepada mahasiswa IPB muncul untuk terus meningkatkan sense terhadap isu-isu pertanian serta mengutamakan nilai-nilai kejujuran, integritas, serta keberpihakan pada kaum petani, nelayan, peternak, dan masyarakat kecil. Diskusi perlu terus digelar sebagai ajang pertukaran pemikiran serta untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, sehingga pada akhirnya lulusan-lulusan IPB dapat memberikan andil bagi kemajuan bangsa.