Rabu (31/8) diklaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Fakultas Ekologi Manusia IPB (FEMA IPB) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan – Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (BPSDMP KP-KKP RI) bertempat di Ruang AMG Connect, FEMA IPB. Penandatanganan Perjanian Kerjasama tersebut langsung oleh Dekan FEMA IPB, Dr. Arif Satria, dan Kepala BPSDMP KP-KKP, Ir. Rifky E. Hardijanto, disaksikan oleh beberapa Guru Besar FEMA bidang Penyuluhan, Wakil Dekan FEMA, dan beberapa staf FEMA & BPSDMP KP-KKP.

Kerjasama yang dijalin diantaranya untuk mengembangkan aspek-aspek pendidikan penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan dan pengabdian masyarakat dalam bidang kelautan dan perikanan agar dapat mndukung Nawa Cita dan pencapaian kinerja pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia. Sebelum penandatanganan berlangsung, ditampilkan presentasi profil FEMA IPB melalui video pofil FEMA dan presentasi tentang sistem SIM Akademik FEMA oleh tim IT FEMA, dilanjutkan dengan diskusi tentang isu-isu perikanan terkini serta arah pelaksanaan kerjasama.

Dalam diskusi, Kepala BPSDMP KP-KKP menjelaskan banyak aspek-aspek yang bisa disinergikan, karena bidang kajian di FEMA sangat relevan dengan tugas-tugas yang sedang diemban oleh BPSDMP KP saat ini. Kerjasama ini juga diharapkan mampu mendukung tugas BPSDMP KP yang baru, sebagaimana yang diamanatkan dalam Inpres No. 7/2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.