195 Aparat Desa se-Kabupaten Bogor Ikuti Sekolah Ini di IPB University

 IPB University kembali menggelar Opening Ceremony Sekolah Pemerintahan Desa (SPD) Tingkat Kabupaten Bogor Angkatan IV di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bogor yang mewakili Penjabat Bupati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, para kepala desa, perangkat desa, serta civitas akademika IPB University. Selasa, (3/9/2024). 

SPD tahun ini mengangkat tema “Aparat Cerdas, Desa Presisi, Kabupaten Bogor Termaju” yang sejalan dengan tujuan memperkuat kapasitas dan kompetensi aparatur desa untuk mendorong pengelolaan desa yang lebih profesional dan berbasis data.

Dalam sambutannya, Dr. Sofyan Sjaf, Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB University sekaligus penggagas SPD, menyatakan bahwa program ini dirancang berdasarkan kebutuhan spesifik desa-desa yang diidentifikasi melalui diskusi bersama para pemangku kepentingan desa.

“SPD ini diinisiasi dari diskusi-diskusi bersama desa, dengan prinsip bahwa desa harus memperoleh ilmu yang sesuai dengan kebutuhan nyata mereka. Sejauh ini, sudah ada 220 desa dan 660 aparat desa yang telah memperoleh pendidikan di SPD, dan tahun ini kami menyambut 195 peserta dari 65 desa di Kabupaten Bogor,” ungkap Dr. Sofyan. Ia juga menegaskan pentingnya komitmen para peserta dalam mengikuti program ini agar ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan secara efektif di desa masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Zaenal Ashari, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bogor yang mewakili Penjabat Bupati, menyatakan bahwa program SPD menjadi momentum penting dalam meningkatkan kapasitas aparatur desa untuk menjadi subjek pembangunan yang aktif. “Melalui program SPD ini, desa yang semula menjadi objek pasif kini berubah menjadi subjek yang aktif. Ini adalah langkah maju dalam pengelolaan sumber daya di desa,” tutur Zaenal

Zaenal juga menekankan bahwa SPD yang digagas oleh IPB University merupakan terobosan dalam penguatan tata kelola desa yang lebih baik. “Kami berharap para kepala desa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya demi kemajuan desanya,” tambahnya. Ia juga berharap program ini dapat melahirkan aparatur desa yang mampu membawa inovasi dan memajukan desanya menuju Kabupaten Bogor yang lebih terdepan.

Sekolah Pemerintahan Desa (SPD) adalah program pendidikan dan pelatihan yang diinisiasi oleh IPB University dengan tujuan meningkatkan kompetensi aparatur desa di bidang pemerintahan, manajemen, dan pemberdayaan masyarakat. Diketahui, SPD bertujuan untuk menciptakan aparatur desa yang cerdas, inovatif, dan mampu menghadapi tantangan dalam membangun desa yang berdaya saing.

 

*)Sumber : https://bercak.id/ipb-university-gelar-opening-ceremony-spd-tingkat-kabupaten-bogor-angkatan-iv/