Seminar Food Estate di Indonesia

LATAR BELAKANG
Jawa sebagai penghasil pangan beras utama di Indonesia menghadapi tekanan penduduk yang kian kronis.  Di sisi lain, persoalan degradasi sumberdaya alam dan ligkungan menyertai proses alih fungsi lahan pertanian secara tidak terkendali di kantung-kantung produksi pangan di Indonesia.  Dalam kurun waktu 20 tahun ke depan tantangan terberat bangsa Indonesia adalah keluar dari krisis pangan akibat berkurangnya areal lahan pertanian produktif di Jawa, melalui perluasan areal pertanian pangan di kawasan lain dengan menekan sekecil mungkin resiko ekologi dan sosial-budaya yang mungkin terjadi.

Pemerintah dengan berbagai pertimbangan memandang bahwa program food estate bisa menjadi salah satu opsi strategis dalam mengatasi masalah pangan. Program ini merupakan moda produksi terobosan yang dicoba untuk diperkenalkan dan diimplementasikan untuk mengejar peningkatan kebutuhan pangan nasional yang selanjutnya diharapkan demi mewujudkan keamanan pangan di Indonesia.  Produk pangan yang akan dihasilkan melalui moda produksi food estate ini, antara lain: beras (padi), jagung, kedelai, gula (tebu), dan hasil peternakan sapi.
Pertanyaan besar yang membayang atas implementasi moda produksi korporasi pangan ini adalah: seberapa besar biaya atau konsekuensi sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan sosial-ekologis yang perlu diperhitungkan atas hadirnya kebijakan ini? Sudah sebandingkah konsekuensi-konsekuensi tersebut dengan manfaat ekonomi pangan yang disediakan oleh food estate?

Berbagai pertanyaan kritis yang telah diutarakan mendorong Fakultas Ekologi Manusia- IPB bersama dengan Kementrian Pertanian RI untuk mencari terobosan kreatif dan fundamental dalam merespon secara simultan konsekuensi implementasi food estate terhadap dimensi sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan sosial-ekologis yang akan dihadapi Indonesia melalui Seminar Nasional “FOOD ESTATE DI INDONESIA: MAMPUKAH MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN PERTANIAN YANG BERKELANJUTAN, BERKEDAULATAN DAN BERKEADILAN?”.

WAKTU DAN TEMPAT
Seminar ini akan diselenggarakan pada waktu dan tempat sebagai berikut,
Hari/Tanggal    : 14 Desember  2010
Tempat    :    IPB International Convention Center (IICC), Botani Square, Baranangsiang, Bogor.
Waktu    :     08.00 – 13.00 WIB

ACARA
Topik-topik yang akan dibahas selama seminar tertera pada tabel berikut:

08.00 – 08.15    Registrasi
08.15 – 09.00    Pembukaan
Sambutan Dekan FEMA-IPB    Dr. Arif Satria
Sambutan Rektor IPB    Prof. Dr. Ir. H. Herry Suhardiyanto, MSc
09.00 – 09.30    Keynote Speech    Menteri Pertanian RI
09.30 – 10.50    Presentasi oleh panelis    Moderator: Ir. Melani Abdulkadir-Sunito, MSc

  1. Kebijakan food estate dan implikasinya bagi masyarakat lokal dan pembangunan wilayah di Kabupaten Merauke, Papua     : Dr. Ir. Sumardjo Gatot Irianto (Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementrian Pertanian RI)
  2. Konsekuensi sosial,  ekonomi, budaya dan ekologi dari program food estate dan alternatif solusi untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, berkeadilan, dan berdaulat di Kabupaten Merauke, Papua
    •    Johanes Glube Gebze (Tokoh Adat Suku Marind)
    •    Agus Pakpahan (PT. Padi Energi Nusantara)
    •    Benja Mambai (Direktur Papua WWF Indonesia)

10.50 – 11.50  Pembahas
1.    Dr. Soeryo Adiwibowo (Kadep Sains KPM-FEMA-IPB)
2.    Dr. Yusman Syaukat (Dekan FEM-IPB)

11.50 – 13.00    Diskusi
Moderator:
Ir. Melani Abdulkadir-Sunito, MSc

13.00    Pembacaan Rumusan dan Penutupan: Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS (Wakil Dekan FEMA IPB)

PESERTA DAN PENDAFTARAN

  • Seminar terbuka untuk kalangan akademisi, pemerintah, anggota legislatif, LSM, mahasiswa S1, S2 dan S3, serta kalangan jurnalis.
  • Peserta dibatasi sebanyak 200 orang dan diutamakan yang mendaftar lebih dahulu.

Pendaftaran:
Mahmudi Siwi (HP: 0857 1941 2401; email: mahmudisiwi@gmail.com) atau Eka Wulida Latifah (HP: 0857 8192 7256; email: eka_ipb42@yahoo.co.id)

PENYELENGGARA
Seminar diselenggarakan sebagai hasil kolaborasi Fakultas Ekologi Manusia-IPB dan Kementrian Pertanian RI.

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>