Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI

Sebanyak 2261 calon mahasiswa baru IPB jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) sejak 30 Juni hingga 2 Juli 2009 diundang ke IPB untuk  melakukan daftar ulang.  Proses verifikasi terhadap calon mahasiswa baru tersebut dilakukan di Graha Widya Wisuda (GWW) IPB.  Untuk mahasiswa asal Banten, DIY, Jawa Timur, Sumatera, Bali dan Kawasan Timur Indonesia, registrasi dilaksanakan 30 Juni. Mahasiswa asal DKI Jakarta dan Jawa Barat (sebagian), registrasi dilaksanakan pada 1 Juli. Sementara untuk mahasiswa asal Jawa Tengah, Jawa Barat dan mahasiswa luar negeri registrasi dilaksanakan pada 2 Juli.

Usai menghadiri pertemuan di GWW, para mahasiswa baru IPB yang termasuk Angkatan 46 ini diterima oleh Badan Pengelola Asrama (BPA) Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB.  IPB menerapkan kebijakan asrama bagi mahasiswa TPB, mengingat mahasiswa IPB berasal dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan sosial ekonomi yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mencetak mahasiswa yang bisa saling menghargai keanekaragaman tersebut, serta sesuai dengan lima pilar konsep pendidikan (profesionalisme, kepekaan sosial, kepedulian terhadap lingkungan, jiwa kewirausahaan, moral-etika).

Dalam rangka menjalin komunikasi dan menyampaikan informasi kepada orangtua atau wali mahasiswa, digelarlah pertemuan Perhimpunan Orangtua Mahasiswa (POM) IPB (28/6).  Pertemuan berlangsung di sembilan tempat di lingkungan kampus IPB Darmaga. Pada kesempatan tersebut dipresentasikan seputar pengenalan kampus, keunggulan, kompetensi, tata tertib umum, program pembinaan asrama, pendidikan S1 dan Tingkat Persiapan Bersama (TPB), kurikulum mayor minor, sistem jaminan mutu pendidikan, klaster pengembangan pendidikan, layanan akademik kesehatan, fasilitas pendidikan, sejarah, prestasi, dan serba-serbi IPB.

Di Auditorium Andi Hakim Nasoetion Rektorat, sebagai pembicara adalah Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, MSc dengan didampingi Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Prof.Dr.Ir. Hardinsyah, MS, Dr. Rimbawan (POM) dan Tri Siswantoro, SE (Asrama).  Sebagai pembicara di Ruang Kuliah FKH A adalah Ketua Senat Akademik IPB, Prof.Dr.Dudung Darusman dengan didampingi Dekan FKH IPB, Dr.drh. I Wayan Teguh Wibawan, Dr. Ir. Siti Madaniah (POM), dan Dr.Ir. Bonny PW Sukarno (Asrama).

Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Pengembangan, Prof.Dr. Hermanto Siregar didampingi Dekan FPIK Prof. Dr. Indra Jaya, Dr.drh. Gunanti (POM), dan Dr. Ir. Lailan Syaufina (Asrama) menjadi pembicara di Auditorium Sumardi Sastrakusumah FPIK.  Sementara di Auditorium JH Hutasoit Fakultas Peternakan, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Dr.Ir. Anas Miftah Fauzi berkesempatan menjadi pembicara dengan didampingi Dekan Fakultas Peternakan IPB Dr.Ir Luki Abdullah, Dr.Ir. Erizal (POM), dan Dr.Ir. Endar H Nugrahani (Asrama).

Di Ruang Kuliah Darmaga 1 Fahutan, sebagai pembicara adalah Direktur Tingkat Persiapan Bersama (TPB), Dr. Ir. Ibnul Qayim dengan didampingi Dekan Fahutan, Dr. Hendrayanto, Dr.Ir. Aceng Hidayat (POM) dan Dr.Ir. Irmansyah (Asrama).  Direktur Administrasi Pendidikan, Dr. Drajat Martianto didampingi Wakil Dekan Fahutan Prof. Dr. Fauzi Febrianto, Bambang Riyanto, SPi, MSi (POM), dan Siti Maemunah (Asrama) menjadi pembicara di Ruang Kuliah Dramaga 2 Fahutan.  Sementara di Balairung Abdul Muis Nasution Fateta, Direktur Pengkajian dan Pengembangan Akademik, Ir. Lien Herlina, MSc yang menjadi pembicara dengan didampingi Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr.Ir. Sam Herodian, Ujang Suwarna, S.Hut, MSc (POM) dan Ade Rusdiana (Asrama).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof.Dr.Ir. Yonny Koesmaryono didampingi Dekan FMIPA Dr. Hasim, Ir. Diniah Sobari (POM) dan Arif Hartoyo, STP, MSi (Asrama) menjadi pembicara di GOR Lama.  Sementara di Gymnasium pembicaranya adalah Dekan Sekolah Pascasarjana (SPs) didampingi Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Dr.Ir. Hartoyo, Ir. Henny Windarti, MSi (POM) da Irma Isfania, SPt, MSi (Asrama).  Di Auditorium Toyib Hadiwijaya Faperta, yang berkesempatan sebagai pembicara adalah Wakil Rektor Bidang Bisnis dan Komunikasi, Dr.Ir. Arif Imam Suroso didampingi Dekan Faperta Prof.Dr.Didy Sopandie, Prof.Dr. Utomo Kartosuwondo (POM) dan Ahmad Efendi (Asrama).

Selama pelaksanaan registrasi, Bidang Humas-Sekretaris Eksekutif IPB berkoordinasi dengan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan menggelar posko pelayanan informasi “satu tenda”.  Di posko inilah para mahasiswa baru dan orangtua/wali dapat memperoleh informasi seputar IPB dan kehidupan di Bogor.  Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) IPB turut berpartisipasi dalam memberikan layanan informasi.

Selain posko layanan “satu tenda”, dalam rangka memperkenalkan lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di IPB, di pelataran depan GWW berderet stan-stan lembaga kemahasiswaan.  Di stan tersebut, para mahasiswa baru bisa menggali informasi seputar kegiatan kemahasiswaan di IPB. (Sumber: Institut Pertanian Bogor)

happy wheels

56 thoughts on “Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI

  1. zamaludin

    terima kasih, saya tlah di terima di IPB lewat jalur USMI. mohon kerja sama’a smua… terutama di mayor KPM. thx…

  2. fauzie m hamdani

    saya anak SMAN 16 Bandung, benar nggak kata guru, sekolah kami untuk tahun 2010 tidak dapat undangan USMI, kalo benar apa salah sekolah kita?

  3. abram prima evriatus

    buat calon masiswa baru melalui jalur USMi , banyak sekali info yang saya dapatkan dari website.
    namun saya ingin bertanya soal pengumuman calon penerimaan akan di beritahukan kapan,..?

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>