Sebanyak 2261 calon mahasiswa baru IPB jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) sejak 30 Juni hingga 2 Juli 2009 diundang ke IPB untuk  melakukan daftar ulang.  Proses verifikasi terhadap calon mahasiswa baru tersebut dilakukan di Graha Widya Wisuda (GWW) IPB.  Untuk mahasiswa asal Banten, DIY, Jawa Timur, Sumatera, Bali dan Kawasan Timur Indonesia, registrasi dilaksanakan 30 Juni. Mahasiswa asal DKI Jakarta dan Jawa Barat (sebagian), registrasi dilaksanakan pada 1 Juli. Sementara untuk mahasiswa asal Jawa Tengah, Jawa Barat dan mahasiswa luar negeri registrasi dilaksanakan pada 2 Juli.

Usai menghadiri pertemuan di GWW, para mahasiswa baru IPB yang termasuk Angkatan 46 ini diterima oleh Badan Pengelola Asrama (BPA) Tingkat Persiapan Bersama (TPB) IPB.  IPB menerapkan kebijakan asrama bagi mahasiswa TPB, mengingat mahasiswa IPB berasal dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan sosial ekonomi yang berbeda. Hal ini dimaksudkan untuk bisa mencetak mahasiswa yang bisa saling menghargai keanekaragaman tersebut, serta sesuai dengan lima pilar konsep pendidikan (profesionalisme, kepekaan sosial, kepedulian terhadap lingkungan, jiwa kewirausahaan, moral-etika).

Dalam rangka menjalin komunikasi dan menyampaikan informasi kepada orangtua atau wali mahasiswa, digelarlah pertemuan Perhimpunan Orangtua Mahasiswa (POM) IPB (28/6).  Pertemuan berlangsung di sembilan tempat di lingkungan kampus IPB Darmaga. Pada kesempatan tersebut dipresentasikan seputar pengenalan kampus, keunggulan, kompetensi, tata tertib umum, program pembinaan asrama, pendidikan S1 dan Tingkat Persiapan Bersama (TPB), kurikulum mayor minor, sistem jaminan mutu pendidikan, klaster pengembangan pendidikan, layanan akademik kesehatan, fasilitas pendidikan, sejarah, prestasi, dan serba-serbi IPB.

Di Auditorium Andi Hakim Nasoetion Rektorat, sebagai pembicara adalah Rektor IPB, Prof.Dr.Ir. Herry Suhardiyanto, MSc dengan didampingi Dekan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Prof.Dr.Ir. Hardinsyah, MS, Dr. Rimbawan (POM) dan Tri Siswantoro, SE (Asrama).  Sebagai pembicara di Ruang Kuliah FKH A adalah Ketua Senat Akademik IPB, Prof.Dr.Dudung Darusman dengan didampingi Dekan FKH IPB, Dr.drh. I Wayan Teguh Wibawan, Dr. Ir. Siti Madaniah (POM), dan Dr.Ir. Bonny PW Sukarno (Asrama).

Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Pengembangan, Prof.Dr. Hermanto Siregar didampingi Dekan FPIK Prof. Dr. Indra Jaya, Dr.drh. Gunanti (POM), dan Dr. Ir. Lailan Syaufina (Asrama) menjadi pembicara di Auditorium Sumardi Sastrakusumah FPIK.  Sementara di Auditorium JH Hutasoit Fakultas Peternakan, Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Dr.Ir. Anas Miftah Fauzi berkesempatan menjadi pembicara dengan didampingi Dekan Fakultas Peternakan IPB Dr.Ir Luki Abdullah, Dr.Ir. Erizal (POM), dan Dr.Ir. Endar H Nugrahani (Asrama).

Di Ruang Kuliah Darmaga 1 Fahutan, sebagai pembicara adalah Direktur Tingkat Persiapan Bersama (TPB), Dr. Ir. Ibnul Qayim dengan didampingi Dekan Fahutan, Dr. Hendrayanto, Dr.Ir. Aceng Hidayat (POM) dan Dr.Ir. Irmansyah (Asrama).  Direktur Administrasi Pendidikan, Dr. Drajat Martianto didampingi Wakil Dekan Fahutan Prof. Dr. Fauzi Febrianto, Bambang Riyanto, SPi, MSi (POM), dan Siti Maemunah (Asrama) menjadi pembicara di Ruang Kuliah Dramaga 2 Fahutan.  Sementara di Balairung Abdul Muis Nasution Fateta, Direktur Pengkajian dan Pengembangan Akademik, Ir. Lien Herlina, MSc yang menjadi pembicara dengan didampingi Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr.Ir. Sam Herodian, Ujang Suwarna, S.Hut, MSc (POM) dan Ade Rusdiana (Asrama).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof.Dr.Ir. Yonny Koesmaryono didampingi Dekan FMIPA Dr. Hasim, Ir. Diniah Sobari (POM) dan Arif Hartoyo, STP, MSi (Asrama) menjadi pembicara di GOR Lama.  Sementara di Gymnasium pembicaranya adalah Dekan Sekolah Pascasarjana (SPs) didampingi Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Dr.Ir. Hartoyo, Ir. Henny Windarti, MSi (POM) da Irma Isfania, SPt, MSi (Asrama).  Di Auditorium Toyib Hadiwijaya Faperta, yang berkesempatan sebagai pembicara adalah Wakil Rektor Bidang Bisnis dan Komunikasi, Dr.Ir. Arif Imam Suroso didampingi Dekan Faperta Prof.Dr.Didy Sopandie, Prof.Dr. Utomo Kartosuwondo (POM) dan Ahmad Efendi (Asrama).

Selama pelaksanaan registrasi, Bidang Humas-Sekretaris Eksekutif IPB berkoordinasi dengan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan menggelar posko pelayanan informasi “satu tenda”.  Di posko inilah para mahasiswa baru dan orangtua/wali dapat memperoleh informasi seputar IPB dan kehidupan di Bogor.  Badan Eksekutif Mahasiswa-Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) IPB turut berpartisipasi dalam memberikan layanan informasi.

Selain posko layanan “satu tenda”, dalam rangka memperkenalkan lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di IPB, di pelataran depan GWW berderet stan-stan lembaga kemahasiswaan.  Di stan tersebut, para mahasiswa baru bisa menggali informasi seputar kegiatan kemahasiswaan di IPB. (Sumber: Institut Pertanian Bogor)

Share this:print Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMIemail Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMIfacebook Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI0google Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI0stumbleupon Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI0twitter Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI0diggit Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMIreddit Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI0
53 Responses to Selamat Datang Mahasiswa Baru IPB Angkatan 46 Jalur USMI
  1. YANS M G R B HUTAGALUNG December 15, 2009 at 6:27 pm Reply

    Saya sangat senang dengan IPB. Saya berharap saya lulus di universitas ini melalui jalur USMI, yang formulirnya telah saya kirimkan. Terimaksih…. HIDUP IPB!!!

  2. saya jg berharap lewat jalur ini bisa diterima dengan baik oleh ipb. semoga saya dberi kesempatan untuk menimba ilmu disini. thax IPB.

  3. saya sudah mendaftar melalui jalur ini tahun 2009/2010. dan saya jg berharap dterrima dg baik .. amin.
    sukses IPB.

  4. saya berharap saya dapat diterima melalui jalur USMI.
    Semoga diterima, amin

  5. Kami sampaikan terimakasih, telah memilih IPB sebagai tempat anda meraih cita-cita di masa depan. Semoga, anda semua mendapatkan yang terbaik.

  6. pengumuman USMI IPB 2010 wil. jakarta selatan kapan ya?? mhon informasinya…trims..

  7. novaag tendy punarto January 24, 2010 at 10:42 am Reply

    saya mengikuti USMI 2010…
    kira2 kapan ya pengumumanaya??
    saya sangat berharap USMI ini..
    karna IPB adlah UNIV yg sya cta2kan…
    makasi…

  8. kapankah pengumuman usmi untuk wilayah cirebon?

  9. pengumuman USMI kapan yaa??

    • kepada yth. Amell, Wajih dan Tendy punarto, serta para mahasiswa pelamar USMI 2010. Kami informasikan bahwa, saat ini di IPB sedang berlangsung seleksi administrasi dan berkas lamaran USMI yang di kirim ke IPB. Jadi belum ada pengumuman resmi dari IPB. Mohon kiranya dapat bersabar. Terimakasih.

  10. saya pelamar USMI thn 2010 .
    saya berharap besar bisa lulus ke institut ini .

    oia , saya pernah mendengar informasi kalau pengumuman USMI di umumkan pada awal februari , apa benar begitu ? saya mohon penjelasannya .

    trims .

  11. oohh belum ada pengumuman ya? tapi ada kabar dari dosen ipb kalau pengumuman USMI tanggal 22 januari. sampe sekarang belum ada ternyata..

  12. sya ardi dr lampung, sya pngen bget ktrma di IPB lwat jalur usmi. tp brhubung nilai sya pas2an jd sya bnyak d0a n brharap ja deh. slam knal smua, sem0ga qt dapat msuk IPB. amin…
    IPB IS THE BEST

  13. cemaaaass nunggu hasil pengumuman :(

  14. Sy salah satu peserta usmi 2010 dr SMU 84 JAKBAR,mw tanya kpd admin. Sy bru bs krm berkas tgl 5 des ’09,sdangkan paling lmbt cap pos tgl 4 des ’09.apkah msh ada ksmpatan utk sy?

  15. Aku ikut ngelamar lwt jalur USMI kemrin..semoga saya lulus seleksi..Amin..

  16. asslmlkm…
    saya zakiyyah , sisiwi MAN 1 Garut, yang alhamdulillah memiliki ksempatan tuk masuk IPB mlalui jalur USMI,,,,, di tunggu pengumumannya… mhon do’a kpd slruh saudara seiman… y mg aja sy ktrima d IPB… ammiii…. =)

  17. kapan pengumumannnya nih ?
    degdeg an………………………

  18. novang tendy punarto February 1, 2010 at 7:52 am Reply

    katanya pengumumanya awal februari..
    kok belum keluar ya???
    semoga saya ketrima USMI IPB…
    AMIN…..

  19. ipb adalah satu2’y perguruan tinggi yg sngt sy hrpkn,,
    smga bisa d terima amiiin..
    udh februari awal,, kpn nih pngumuman’y…??

  20. Moga aj saya di terima di ipb lwat jalur usmi…….

  21. pengumuman USMI 2009/2010 kapan y?? saya jga ikutan.. mohon informasinya.. makasiih

  22. kpan pengumuman jalur usmi 2010????smg saya bisa dapat karena saya mencita-citakan masuk ipb….

  23. Saya pelamar USMI 2010. Saya merasa ada yang kurang jelas pada lembaran USMI 2010 kali ini. Pada lembar usmi disebutkan bahwa pengumuman akan dilaksanakan awal Februari 2010. Apakah hasil pengumuman usmi ini diberitahukan via surat ke sekolah masing-masing? Atau nama-nama peserta yang lolos juga dapat dilihat pada situs IPB? Atas perhatian pengelola situs saya ucapkan terima kasih.

    • @Ozal: pengumuman akan dikirimkan melalui surat ke sekolah masing2. Bagi yang tidak lolos seleksi masih berkesempatan untuk melalui jalur SNMPTN. Terimakasih.

  24. Rahayu Ambarwati Ns February 3, 2010 at 12:01 pm Reply

    Asslm_
    IPB,,,sya sgat berharap mendapat kesempatan untk bsa ikt brkecimpung dan ikt mengembangkan IPB. . .Saya brhrap dpt menjadi kluarga besar IPB melalui jalur ini. . . .

  25. alhamdulillah aku lulus USMI fakultas kehutanan ,
    mau nanya nich ?
    aku kn ngisi formulirnya bkan dilampiran 2B, Tp di lampiran 2A.

    tiba-tiba uang yang harus aku bayarkan 0rupiah,

    apakah itu betul ?

  26. alhamdulillah saya diterima di IPB melalui jalur USMI di fakultas kehutanan.

    apakah benar saya tanpa membayar sedikit pun masuk kuliah ?

    padahal saya mengisi lampiran 2A..

  27. Sudah tanggal 4 feb, kok pengumumannya blom keluar yah buat wilayah lombok?

  28. assalamualaikum, saya rheza dari MAN 2 Jakarta!!
    tolonk donk hasil dari usmi kirim ke email saya, soalnya sekolah saya masih belum dapat pengumumannya, terima kasih, tolong bantuannya,assalamualaikum

  29. saia mo nanya hasil seleksi usmi kapan di umumin???????
    makasih

  30. assalamu’alaikum..
    Kapan ya pengumuman Hasil USMI 2010??
    Saya sangat berharap sekali dengan ini?
    Semoga saya bisa masuk..
    Aamiin

  31. Muflikatul kasanah February 5, 2010 at 11:15 am Reply

    pengeeeeeeeeen bangeet keterima di IPB. Mudah-mudahan ajha jadi kenyataan. Amiiiieeeeen……………
    kapan ya ada pengumuman penerimaan jalur USMI untuk Kalimantan Barat???????????

  32. ALHAMDULILLAH . saya lolos seleksi IPB jalur USMI :)

  33. Alhamdulillh saya keterima di ipb,,jurusan Manejemen sumberdaya perairan . mu tanya kaya gimana sih prospek kerja dan perkuliahannya??

  34. alhamdulillah saya heru dari SMA PGRI 1 BOGOR di terima lewat jalur usmi ini .
    saya diterima di fakultas kehutanan mayor konservasi sumber daya hutan dan ekowisata (KSHE)…
    ..terima kasih IPB karena saya berkesempatan mengenyam pendidikan di IPB..

  35. mau tau dunk,, syp2 aja yg kterima dari kota metro,lampung. mslahnya … belum ada confirm ke sekolah qu… makasi

  36. alhamdulillah…… ipb telah memilihku!!!!!

  37. mau tanya nih, kenapa yach untuk daerah kalimantan selatan khusus nya spp pelaihari sampai sekarang belum mendpat kbar tentang penerimaan mahasiswa baru jalur usmi ????????
    mank yang jelas nya kpan sich???????

  38. fikri fathur rahman February 11, 2010 at 1:27 pm Reply

    IPB Yes yang lain NO mungkinnn heee…

  39. Alhamdulillah….saya di terima pd jalur USMI
    Terima kasih IPB,,

  40. thx bgt yaa allah akhirnya aq telah k terima ke ipb ternyata kau telah mendengar doaku g sia-sia tahjud 3 hari 3 malam akhir’y ap yg aq pngn tercapai jg he5x
    oia aq kan k trima k fakultas kehutanan mayor;manajemen kehutanan bagaimana sih ruang lingkup dsana(wajar anak bandung blm prnah k ipb he5x harap maklum yah)oia salam kenal jg yah bagi tman-tman yg telah lolos seleksi jalur usmi makasih bnyk tas doa kalian semua oia aq pngn knal kalian yg k trima d manajemen kehutanan donk thx

  41. yaa allah smga kami semua anak bangsa lu2s UN AMIEN….. YAA ALLAH
    udah g sabar nih pngn cpt2 tgl 28juni pngn go to ipb hehehehe
    I LOVE YOU FULL ALWAYS EVERYBODY

  42. maaf saya mau bertanya apakah biaya pembayaran pendidikan jalur usmi harus lewat bank yang ada di bogor,admin mohon bantuannya ya thx

    • @ ridwan cimahi: pembayaran dapat dilakukan di Bank mana saja diseluruh Indonesia, jika rekening rektor BNI, maka setornya sebaiknya di bank BNI juga. Tidak harus dibogor.

  43. askum mua’a….. alhamdulillah saya dah di terima di jalur USMI. m masuk KPM. mohon kerja sama’a ya smua…. tx

  44. terima kasih, saya tlah di terima di IPB lewat jalur USMI. mohon kerja sama’a smua… terutama di mayor KPM. thx…

  45. saya anak SMAN 16 Bandung, benar nggak kata guru, sekolah kami untuk tahun 2010 tidak dapat undangan USMI, kalo benar apa salah sekolah kita?

  46. boleh tdk saya tahu nama – nama mahasiswa baru masuk di kampus bapak…?

  47. terimakasih IPB yang sudah menerima saya melalui jalur USMI 2011

  48. Laras Pangestika April 11, 2012 at 3:18 pm Reply

    terima kasih IPB yang sudah menerima saya melalui jalur USMI tahun 2012 (Gizi) :)


[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *