Ekstensi

Saat ini di Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB baru terdapat 1 (satu) program ekstensi atau penyelenggaraan khusus yakni Mayor S1 Ilmu Gizi yang dikelola oleh Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB. Adapun profil mengenai penyelenggaraan program ekstensi ini sebagai berikut:

LATAR BELAKANG

Perkembangan ilmu gizi dan aplikasinya, serta kesadaran akan dampak masalah gizi, sejak periode janin (intra uterine) hingga lanjut usia (elderly), terhadap kesehatan dan peningkatan kualitas SDM telah meningkatkan kebutuhan terhadap ahli gizi di berbagai jenis lapangan kerja.

Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB yang merupakan pengembangan dari Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, sudah lebih dari seperempat abad melaksanakan pendidikan bidang keahlian gizi masyarakat. Kurikulum program pendidikan sarjana (S1) Mayor Ilmu Gizi sudah diberlakukan di Program Studi/Mayor s1 Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB sejak 2005/2006. Kurikulum tersebut selaras dengan kurikulum Ilmu Gizi yang ditetapkan oleh Forum Komunikasi Pengembangan Ilmu Gizi dan himpunan profesi (PERSAGI, PERGIZI PANGAN, dan PDGMI) pada tahun 2003.

Mulai tahun 2007, Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB menyelenggarakan Program Penyelenggaraan Khusus S1 Mayor Ilmu Gizi. Program ini ditetapkan dengan SK Rektor IPB No. 039/K13/PP/2007 tanggal 30 April 2007 tentang Pembukaan Program Pendidikan Sarjana Ilmu Gizi (S1) Penyelenggaraan Khusus.

KOMPETENSI

Lulusan program ini akan bergelar Sarjana Gizi (S.Gz). Gelar ini sangat sesuai dengan jenjang karir dan kompetensi yang dimiliki lulusan, yaitu kemampuan untuk:

  1. Mengevaluasi keadaan gizi kaitannya dengan kesehatan, tumbuh kembang manusia dan produktivitas;
  2. Menganalisis ketertarikan gizi dengan aspek pertanian, sosial ekonomi budaya, dan kesehatan serta dampaknya terhadap kualitas manusia;
  3. Membuat perencanaan dan memberi jasa konsultasi perbaikan gizi melalui pengelolaan sumberdaya pangan, lingkungan, dan informasi – komunikasi – teknologi (ICT) secara profesional.

STAF PENGAJAR

Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB memiliki 29 dosen tetap yang terdiri dari 5 orang guru besar (profesor) bergelar Doktor, 15 orang bergelar Doktor (S3), 10 orang bergelar Master (S2) dan Sarjana (S1). Disamping itu terdapat dua dosen luar biasa yaitu Prof. Dr. Soekirman, SKM, MPS-ID dan Prof. Dr. Ir. Amini Nasoetion, MS. Para staf tersebut merupakan lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan berbagai bidang keahlian, meliputi: ilmu gizi, biokimia, fisiologi, ilmu teknologi pangan, statistika, lingkungan dan kesehatan. Tenaga ini didukung oleh staf administrasi, laboran dan tenaga teknis.

KURIKULUM

Penyelenggaran perkuliahan dengan sistem kredit semester (SKS) yang disesuaikan dengan bobot total sks 148 sks. Bagi mahasiswa lulusan diploma akan dilakukan penyetaraan untuk mengakui kurikulum yang telah diambil sekitar 30-50 persen. Dengan demikian mahasiswa lulusan program diploma harus mengambil 50 persen (74 SKS) dari seluruh mata kuliah wajib kurikulum program Mayor S1 Ilmu Gizi.

PERKULIAHAN

Perkuliahan akan dimulai pada Oktober. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus IPB Darmaga Bogor, setiap hari Senin s/d Jum’at jam 17.00 – 22.00 WIB dan hari Sabtu jam 08.00 – 16.00 WIB.

FASILITAS

Fasilitas untuk menunjang kegiatan perkuliahan antara lain:

  • Ruang kuliah, auditorium, ruang seminar dan ruang sidang yang nyaman dilengkapi overhead projector, slide projector, dan LCD projector.
  • Laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan untuk mendukung perkuliahan, praktikum dan penelitian.
  • Perpustakaan yang menyediakan buku teks dan jurnal, dilengkapi komputer dan akses internet.

PROSPEK KERJA LULUSAN

Lulusan Mayor S1 Ilmu Gizi, Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB bekerja diberbagai lapangan kerja seperti:

  • Perencana program pangan dan gizi di instansi pemerintah, swasta atau LSM
  • Konsultan di bidang gizi, pangan dan kesehatan
  • Peneliti di bidang gizi, pangan dan kesehatan
  • Ahli gizi di industri pangan dan pengembangan produk
  • Ahli gizi di industri jasa makanan, rumah sakit dan klinik
  • Tenaga pengajar dan pendidik
  • Wirausaha di bidang gizi dan pangan

PERSYARATAN DAN PENDAFTARAN

  1. Waktu pendaftaran: 21 Juni – 15 September
  2. Lulusan program diploma
  3. Menyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir (masing-masing 4 lembar)
  4. Menyerahkan surat pernyataan sanggup membiayai sendiri atau beasiswa dan tepat waktu biaya pendidikan (diatas kertas bersegel/bermaterai)
  5. Melampirkan pasfoto berwarna ukuran 3×4 (4 lembar), dan ukuran 2×3 (2 lembar)
  6. Membayar biaya pendaftaran Rp 300.000,-
  7. Bagi yang sedang bekerja menyerahkan surat ijin atasa
  8. Berkas lamaran ditujukan kepada Rektor IPB, dengan alamat: Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya perkuliahan ditetapkan berdasarkan SK Rektor IPB No. 065/I.3/KU/2007 tanggal 21 Juni 2007. Rincian biaya adalah sebagai berikut:

  1. Biaya pendaftaran: Rp 300.000,-
  2. Biaya jaket, KTM, asuransi: Rp 500.000,-
  3. Biaya pengembangan institusi dan fasilitas (BPIF), dibayarkan pada saat awal semester 1 sebanyak Rp 3.000.000,- dan awal semester 2 sebanyak Rp 3.000.000,-
  4. Biaya peningkatan mutu pendidikan (BPMP); dibayarkan setiap awal semester sebesar Rp 2.000.000,- per semester
  5. Biaya penyelenggaraan mata kuliah (BPMK); dibayarkan setiap awal semester, terdiri dari Rp 100.000,- per SKS untuk mata kuliah tanpa praktikum dan Rp 150.000,- per SKS untuk mata kuliah dengan praktikum.
Share this:print Ekstensiemail Ekstensifacebook Ekstensi40google Ekstensi0stumbleupon Ekstensi0twitter Ekstensi6diggit Ekstensireddit Ekstensi0