Pembukaan Pendaftaran Program S2 Ilmu Konsumen

Periode Pendaftaran mulai tanggal Jum’at, 01 May 2015 00:00:00 WIB – Rabu, 15 July 2015 15:00:00 WIB. Berkas harus sudah diterima paling lambat 5 hari kerja setelah melakukan keseluruhan proses pendaftaran online di http://pmbpasca.ipb.ac.id/id/

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan megister yang menguasai prinsip dan teori di bidang konsumen, mayor mengelola kegiatan penelitian secara profesional dan kompeten dalam perumusan program perberdayaan konsumen.

Kompetensi Lulusan

Program Studi Ilmu Konsumen (IKO) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi:

  1. Menguasai prinsip dan teori di bidang konsumen, sehingga mampu menganalisis, menemukan dan merumuskan program dan kegiatan pemberdayaan konsumen.
  2. Menguasai falsafah dan metodologi penelitian serta terampil mengelola penelitian di bidang konsumen guna pengembangan ilmu dan pengetahuan, serta pemecahan masalah di bidang konsumen.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang konsumen dalam kehidupan individu dan masyarakat untuk menjadi konsumen yang bijak dan dalam kegiatan pemberdayaan konsumen dalam rangka terwujudnya kehidupan keluarga yang berkualitas.

Mata Kuliah

  1. Metode Statistika untuk ilmu-ilmu Sosial
  2. Bahasa Inggris untuk Penelitian
  3. Ekonomi Konsumen
  4. Dinamika Konsumen
  5. Teori Perilaku Konsumen
  6. Pengelolaan Keuangan dan Investasi
  7. Keluarga
  8. Pemberdayaan Konsumen
  9. Metode Penelitian Konsumen
  10. Kolokium
  11. Seminar
  12. Penelitian dan Tesis

Tahapan dan Syarat yang harus dipenuhi bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar secara online di Sekolah Pascasarjana IPB adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar mengakses website Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Pascasarjana pada alamat http://pmbpasca.ipb.ac.id.
  2. Klik [Proses Pendaftaran > Isi Formulir] dan isi kolom yang telah disediakan.
  3. Setelah selesai mengisi kolom pada [Isi Formulir], Pendaftar akan mendapatkan 8 karakter angka sebagai nomor pendaftaran.
  4. Nomor pendaftaran tersebut akan menjadi billkey (nomor untuk transaksi) pada saat pembayaran biaya pendaftaran yang dilakukan di Bank BNI.
  5. Dengan menggunakan nomor pendaftaran, lakukan pembayaran sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) di Bank BNI melalui Teller atau ATM atau E-Banking. Lihat Tata Cara Pembayaran
  6. Setelah melakukan pembayaran, Pendaftar akan mendapatkan PIN (12 karakter angka). PIN tersebut tercetak pada kolom Validasi Slip Pembayaran (jika via Teller), atau pada kolom No Registrasi Struk ATM (jika via ATM), atau pada kolom Nomor Registrasi Bank File Transaksi E-Banking (jika via E-Banking).
  7. Klik [Proses Pendaftaran > Verifikasi PIN] dan isi kolom yang disediakan. Pastikan klik [Proses] setelah pengisian selesai.
    1. Jika Verifikasi PIN berhasil, halaman utama Pendaftaran Online mucul dan pendaftar dapat memulai proses melengkapi data.
    2. Jika Pendaftar belum dapat melengkapi keseluruhan data, Pendaftar dapat login ke pendaftaran online kemudian meng-klik [Proses Pendaftaran > Lengkapi Data]
    3. Login ke Pendaftaran Online untuk melengkapi data dibatasi 3 kali.
  8. Pendaftar wajib mengisi Formulir A dan wajib mengunggah (upload) beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu:
    1. Ijazah S1, Transkrip S1, dan Bukti Bayar BNI (untuk S2)
    2. Ijazah S1, Ijazah S2, Transkrip S1, Transkrip S2 dan Bukti Bayar BNI (untuk S3)
    3. TPA WAJIB bagi Pendaftar dengan IPK antara 2,00 – 2,50 (untuk S2), dan antara 3,00 – 3,25 (untuk S3)
    4. TOEFL bagi yang pernah mengikuti test (untuk S2 dan S3) dan bersifat Opsional.
  9. Selain mengunggah (upload) dokumen tersebut pada butir 8, Pendaftar wajib mengirimkan dokumen berikut ini melalui pos dalam satu amplop yang diberi kode nomor pendaftaran di bagian pojok kanan atas amplop (Pengiriman berkas paling lambat 5 hari setelah melakukan keseluruhan proses pendaftaran online):
    1. Formulir A Online bagi yang sudah melengkapi data (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    2. Dokumen Karya Ilmiah (Formulir B (Khusus bagi Pendaftar S3)) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    3. Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (Formulir C) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap). Salah satu pemberi rekomendasi WAJIB dari Dosen/Staf Pengajar dari Perguruan Tinggi.
    4. Surat Jaminan Biaya (Formulir D) (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
    5. Photo Copy Ijazah dan Transkrip yang sudah dilegalisir (Rangkap 2)
    6. Sinopsis rencana penelitian. (Asli dan Photo Copy 1 Rangkap)
  10. Hasil seleksi akan diumumkan melalui website Sekolah Pascasarjana IPB www.pasca.ipb.ac.id dan melalui Surat Panggilan Verifikasi.
  11. Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  12. Untuk program internasional MIT wajib Wajib Menyerahkan Toefl dengan Skor >= 450 dan masa berlaku 2 tahun terakhir.
  13. Untuk yang memilih program studi profesional Wajib menyerahkan TPA Terakhir dengan Skor >= 475.
  14. Bagi pelamar yang ingin mendaftar melalui jalur beasiswa dikti, silahkan mendaftar di http://beasiswa.dikti.go.id/dn
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*