Pedoman Makan Sehat selama Pandemi Covid-19

Makan adalah kebutuhan utama setiap makhluk hidup, karena dengan makan manusia akan mendapatkan energi untuk berfikir, bergerak, bernafas, dan yang lainnya. Akan tetapi, makanan juga dapat menyebabkan gangguan misal penyakit. Hal tersebut dapat terjadi jika makanan yang kita konsumsi tidak bersih atau berlebihan. Oleh karena itu, penting bagi kita menjaga kulaitas makanan kita, terutama dimada pandemi seperti saat ini.

Departemen Gizi Masyarakat, IPB menggunakan referensi dari WHO menyusun pedoma maka sehat selama pandemi covid untuk kita jadikan referensi menjaga makanan kita. Berikut adalah beberapa pedomannya

  1. Makan dengan gizi seimbang, konsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk memenuhi asupan gizi keluarga anda, sesuai dengan anjuran Kemenkes “Isi Piringku”.
  2. Jaga Kebersihan Makanan, jaga asupan selau higienis dengan memisahkan makanan mentah dan matang, memasak makanan sampai matang sempurna, gunakan air dan bahan baku yang aman dan bersih.
  3. Batasi asupan gula, Garam, dan Lemak (GGL), per orang per hari tidak lebih dari 50 gram/ 4 sendok makan gula, 5 gram/1 sendok teh garam, dan 67 gram/ 5 sendok makan minyak/lemak.
  4. Minum Air Putih, air sangat penting bagi kehidupan, air mengangkut gizi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh, menghilangkan limbah, dan melubrikasi sendi. Minumlah 8-10 gelas air setiap hari.
  5. Menghindari makan di luar, makan di rumah untuk mengurangi tingkat kontak anda dengan orang lain dan menurukan peluang anda terkena Covid-19.

Jadi, jangan lupa jaga makanan kita tetap sehat agar kita kuat melawan covid-19

 

-Membumi dan Mendunia-

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*