38 275x190 Maksimalkan Keaksaraan FungsionalBogor – Karya ilmiah berjudul Perempuan dalam Pendidikan: Telaah Peranan Program Keaksaraan Fungsional (KF) dalam Mengatasi Buta Aksara Perempuan Pedesaan, membawa 3 mahasiswa IPB, Dina Nurdinawati, Syifa Maharani dan Alfian Helmi merebut juara 2 Lomba Karya Ilmiah Peringatan Hari Ibu ke-82 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI bersama Jurnal Nasional.
Dina Nurdinawati – Ketua Pelaksana Kegiatan – bersama dua rekannya mengadakan penelitian di Kampung Babakan, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Menurut Dina, penelitiannya tersebut bersumber dari kegiatan Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Ekologi Manusia IPB yang dilaksanakan pada, Juli-Agustus 2010.
“Awalnya kami nggak sengaja mengikutkan hasil penelitian ini dalam lomba karya ilmiah. Kebetulan, saat lihat pengumuman di Jurnal Bogor, tema lombanya sama dengan apa yang sedang kami teliti. Jadi, ya kami ikutkan saja,” kata Dina kepada Jurnal Bogor, kemarin,
Kenapa memilih Kampung Babakan? “Di desa tersebut, program KF sudah terlaksana. Oleh sebab itulah, kami ingin mengetahui sudah sejauhmana program KF diterapkan di Kampung Babakan,” katanya. Berdasar penelitian, lanjutnya, program KF di Kampung Babakan diikuti oleh semua perempuan di kampung tersebut. Oleh karena itu, imbuh Dina, telaah manfaat yang dirasakan tidak berhenti kepada ketercapaian berupa peningkatan angka melek huruf, namun perlu juga untuk diketahui dampak-dampak terusan, baik sosial maupun ekonomi.
Untuk pengumpulan data-datanya, ketiga mahasiswa tersebut terbilang tidak susah. Pasalnya, sebagian data sudah terkumpul semenjak KKP di desa tersebut. “Paling hanya beberapakali saja kami ke Kampung Babakan untuk meng-update data,” ujarnya.

Apa hambatannya? “Hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan program KF di Kampung Babakan adalah kurangnya tenaga tutor, tempat yang sulit dijangkau, serta minimnya sarana prasarana belajar,” paparnya.
Kemenangan Dina, Syifa dan Helmi dalam lomba karya tulis bukan kali pertamanya diraih. Sebelum ini, Dina dan Syifa pernah meraih penghargaan finalis Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXII bidang PKM-Teknologi tahun 2009. Pada 2010, Dina, Syifa dan Helmi menerima Program Hibah Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Artikel Ilmiah berjudul Inisiatif Lokal dalam Pengembalian Fungsi Ekologi Lahan Terdegradasi: Studi Dua Kelompok Tani. “Alhamdulillah, ini kemenangan kali ketiga kami dalam lomba karya tulis,” pungkasnya.

Dony P. Herwanto
donyph@jurnas.com

Sumber berita: http://www.jurnalbogor.com/?p=146877

Share this:print Maksimalkan Keaksaraan Fungsionalemail Maksimalkan Keaksaraan Fungsionalfacebook Maksimalkan Keaksaraan Fungsional0google Maksimalkan Keaksaraan Fungsional0stumbleupon Maksimalkan Keaksaraan Fungsional0twitter Maksimalkan Keaksaraan Fungsional0diggit Maksimalkan Keaksaraan Fungsionalreddit Maksimalkan Keaksaraan Fungsional0
One Response to Maksimalkan Keaksaraan Fungsional
  1. msh banyak ibu2 yg mengalami Keaksaraan fungsional,di daerah Jakarta Utara, mari kita bantu, untuk menjadi lebih baik lagi .


[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *