Jalur Baru Masuk IPB Melalui Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB)

keris-2008-kelompok-duaUntuk pertama kalinya, IPB pada tahun 2009 ini akan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yakni Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB). Hal ini disampaikan oleh Rektor IPB, Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc saat memberikan sambutan dalam Upacara Wisuda Tahap II Tahun Akademik 2008/2009 Rabu (25/2) di Graha Widya Wisuda Kampus IPB Darmaga.

Program Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB) ini berbasis pada kepemimpinan dan kewirausahaan. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menjaring 200-300 calon mahasiswa yang mempunyai minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tanggguh, dan calon-calon pemimpin bangsa.” Jelasnya.

Jalur ini tidak dimaksudkan seperti jalur-jalur khusus dengan biaya masuk yang mahal, karena IPB akan mencarikan dana beasiswa bagi para mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik tetapi tidak mampu secara ekonomi.

Hal ini terkait dengan tanggung jawab IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang dituntut untuk selalu menyediakan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk menjawab berbagai persoalan bangsa saat ini.

“Bangsa kita masih memiliki persoalan yang mendasar dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan. Selain kurangnya figure-figur pemimpin di berbagai organisasi/kelompok masyarakat, kita juga menghadapi masalah tidak berkembangnya bisnis secara memadai karena sedikitnya jumlah wirausahawan,” tandasnya. (Sumber: Institut Pertanian Bogor)

happy wheels

75 thoughts on “Jalur Baru Masuk IPB Melalui Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB)

  1. walbanta

    tolong dong kkak.. di sekolah aku ga masuk formulir nya..
    gimana ya?

    FB ak wy_bie YM jg sama

  2. fahrudin

    formulir beasiswa yang baru ada tidak (2010)?
    kami dari purwokerto dapat diambil dimana????
    mohon dijawab.

  3. admin

    @ walbanta : ya dimasukin dong ,, iya deh ntar tak ett FBmu

    @ satrio : ya di amsuk-amsukin donk .. btw amsuk c ap ???

    @ samuel : tesnya besok .

    @ fahrudin : kamu scoolnya dmana ?

  4. admin Post author

    wa’alaikumsalam
    maksudnya jalur p jja apa yah? Masuk IPB hanya lima jalur, yaitu USMI, SNMPTN, BUD, UTM, dan PI

  5. dinna amalia

    aslm ka.
    aku waktu itu daftar lewat USMI tapi ga diterima. terus aku mau lewat UTM tapi ga tau cara-caranya kak. tolong jelasin dong? thnx.

  6. dayana

    kak ..
    tes masuk ipb selain undangan k skolah tuh apa ya namanya ?
    itu kapan ??

    kalo nggak salah tahun kemaren tes masuk ipb bayar 400rb itu ,
    kapan ya kak?

    makasih

  7. wita ayu

    ka .
    UTM taun ini (2010) kapan dilaksanainnya?
    daftarnya kolektif ke guru ??
    ksih tau infonya iia ,,
    soalnya udh ikutan USMI ga d’trima ..

    makasiih iia ka sblumnya ..
    di bles iia .

  8. Tri Rana Agung N

    Kak , kesempatan masuk IPB yang paling besar kemungkinan diterimanya lewat jalur apa ya ? Alasannya kenapa ? Makasih sebelumnya .

  9. admin Post author

    @Tri Rana: Sepertinya sebagian besar melalui jalur USMI (undangan seleksi masuk IPB), jika ditempat lain namanya PMDK

  10. achmadzhie

    Alhamdulillah saia ud ktrima lwat USMI..FEMA jur sains kmunikasi,, :)
    tgl 5 juli insyaAllah TPB,,boleh tau jelas’a TPB itu kaea ap kak??

  11. dinnaamalia

    @achmadzhie wah selamat ya udah diterima. tadinya pilihan aku ke 2 itu sains komunikasi hehe yang ke 1 statistika. nanti mau nyoba lagi lwt UTM, doain ya? smg masuk sains komunikasi hehe.

  12. sisi

    saya mau tanya, klo masuk ipb bisa ga klo lulusan 2006 tapi mau daftar tahun ini (2010) caranya gmana? makasih

  13. eLy

    Kak UTM 2010 kpn & tGl bRp saYa berminat tOlong inFrmsinya Kak

    maKaciH sbLmnya
    Lok dA infRmasi hUb nO. 085231707845

  14. ANGGA

    .. kaka ..
    .. klo UTM ..
    .. 2010 kpan lgi nie ..
    .. klo dda info ksi tau ya kaka ..
    .. klo nfo aq mhon hub.085211538599 ..
    .. mksi ya kaka ..
    .. please ..

  15. admin Post author

    @ahmad yaniyahya: masuk IPB melalui 5 jalur, USMI, SNMPTN, BUD, UTM dan PI. Untuk jalur USMI pd tahun ini sudah selesai.

  16. Elkyanus Palullungan

    G mana yach cara masuk IPB dan daftarnya di mana??? Misalkan klw d’luar jawa (Toraja Utara-Sulsel).Di usahain yach tahun depan bisa!!!!

  17. retno

    ka, tahun ini masih ada kan UTM nya? ko website ipb yg psb utm nya ga bsa dbuka? masih d update ya?

  18. Lucy

    kalo pendaftaran sama test UTM s1 sama d3 waktunya bersamaan apa ngga???tlng jawab yya!mkc

  19. admin Post author

    untuk saat ini belum ada pemberitahuan dari pihak IPb apakah jalur UTM akan dibuka kembali. Terimakasih.

  20. kei

    ettoo~ di utm tuh ada tes talenta yg kewirausahaan dan kepemimpinan..

    ituh tesnya kaya gmn yaah??
    essai ato apa?.
    baru denger soalnya jd ga kebayang gmn bentuk soalnya x3
    sankyou^^

  21. rara

    kak, saya udh dftr utm,saya mau nanya, tes kewirausahaan dan kepemimpinan itu tesnya ngapain aja?trus bs download soal utm tahun lalu dimana?trims.

  22. Mira

    Kak,,aqu mao tnya
    aqu dah daftar mao verifikasi mao bwt kartu…tpi aqu udah verifikasi tpi lum trsambung dngg printer…
    Ntu gmana ka?aqu bsa langsung k ipbny gag ka?aqu ikut utm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>