Jalur Baru Masuk IPB Melalui Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB)

keris-2008-kelompok-duaUntuk pertama kalinya, IPB pada tahun 2009 ini akan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yakni Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB). Hal ini disampaikan oleh Rektor IPB, Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc saat memberikan sambutan dalam Upacara Wisuda Tahap II Tahun Akademik 2008/2009 Rabu (25/2) di Graha Widya Wisuda Kampus IPB Darmaga.

Program Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB) ini berbasis pada kepemimpinan dan kewirausahaan. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menjaring 200-300 calon mahasiswa yang mempunyai minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tanggguh, dan calon-calon pemimpin bangsa.” Jelasnya.

Jalur ini tidak dimaksudkan seperti jalur-jalur khusus dengan biaya masuk yang mahal, karena IPB akan mencarikan dana beasiswa bagi para mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik tetapi tidak mampu secara ekonomi.

Hal ini terkait dengan tanggung jawab IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang dituntut untuk selalu menyediakan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk menjawab berbagai persoalan bangsa saat ini.

“Bangsa kita masih memiliki persoalan yang mendasar dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan. Selain kurangnya figure-figur pemimpin di berbagai organisasi/kelompok masyarakat, kita juga menghadapi masalah tidak berkembangnya bisnis secara memadai karena sedikitnya jumlah wirausahawan,” tandasnya. (Sumber: Institut Pertanian Bogor)

happy wheels

75 thoughts on “Jalur Baru Masuk IPB Melalui Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB)

  1. sadi

    mksudny tes kewirausahaan dan kepemimipnan kkmn ?
    dan ada tidak contoh soal UTM IPB.kalau ada kmi bsa browse dmna ?

  2. putri

    tes talenta: tes kewirausahaan & kepemimpinan kira2 bentuk soalnya spt apa ya??
    apa ada contohnya??
    tolong infrmasinya ya ka…

  3. Devi Muhamad Fauzan

    kak lokasi saya di pangalengan (bandung selatan)
    kalau ingin masuk k IPB gimana caranya
    ada yang bilang kalau sekarang udah telat
    mohon penjelasannya.
    kalau bisa hub. saya d 02293040356

  4. nanda

    kak kalo mau dwnload materi soal2 utm nya gmn?
    kan biasanya ada tuh yg tahun lalu, tadi udh coba tapi ga bisa bisa
    di web ibpnya ga ada ya?

  5. Ayu Novitasari

    IPB..
    wah, pengen banget ak bisa masuk IPB, v gmn cranya iia, hmmm -_- secara ak kan ga pintar,,,… hehehe

  6. Emanuel

    Gimana aku mau masuk IPB??? Padahal aku tidak begitu pintar dan aku kalangan menengah! Tapi masalah Investasi da kepemimpinan aku agak lumayan dalam mengerjakannya, apakah aku bisa masuk IPB?? Sejak SMP aku sudah ingin masuk perguruan IPB!! Tolong bantu donk!

  7. dodi cahyadi

    Kebetulan saya punya anak skr kelas 3 IPA mau masuk IPB, bagaimana cara masuk tes jalur baru tes undangan, trimakasih

  8. vinanta dea

    aku pgen msuk ilmu keluerga dan konsumen mlalui jlur undangan, kira” nilai yg harus bgus nilai ap?
    mksi :)

  9. agung

    gimana cara pendaftaran masuk ke ipb tahun 2012??kapan dibukanya?? yg undangan maupun yang tes seleksi. terima kasih

  10. henita

    …mmmmmmm
    pingin bget msuq IPB ,,
    jurusan SKPM gmna cranya ya kaq ya!!!!
    untuk persyratan nya apa aj,,trus nilai yg dilihat itu nilai apa aj,,,khusnya yang buadt jalur Undangan
    sya siswi dr SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SERLATAn,
    trmaksh!

  11. Devi pratiwi

    Assalam…..devi sekarg kls XII, impian devi dari dlu pengen bngt mlnjtkan kuliah dIPB,, krna ada test tuk siswa undangan cra nya gmna y??? Devi dr smk pertnian n pngen ambil bioteknology tanamn,,, tlg dong informasinya smpi kkab.siak khusus nya kecmtan bungrya,, terima kasih

  12. emira sri pakarti

    Mohon penjelasan apakah UTM IPB sama dengan SNMPTN Undangan untukIPB?
    Kalau berbeda, kapan jadwal UTM IPB?
    Terima Kasih.

  13. Lilis Suryati

    Mohon informasi contoh soal-soal jalur masuk UTM IPB tahun sebelumnya.. jadi biar ada gambaran gitu..

    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>