keris-2008-kelompok-duaUntuk pertama kalinya, IPB pada tahun 2009 ini akan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yakni Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB). Hal ini disampaikan oleh Rektor IPB, Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc saat memberikan sambutan dalam Upacara Wisuda Tahap II Tahun Akademik 2008/2009 Rabu (25/2) di Graha Widya Wisuda Kampus IPB Darmaga.

Program Undangan Test Masuk IPB (UTM-IPB) ini berbasis pada kepemimpinan dan kewirausahaan. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka menjaring 200-300 calon mahasiswa yang mempunyai minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tanggguh, dan calon-calon pemimpin bangsa.” Jelasnya.

Jalur ini tidak dimaksudkan seperti jalur-jalur khusus dengan biaya masuk yang mahal, karena IPB akan mencarikan dana beasiswa bagi para mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik tetapi tidak mampu secara ekonomi.

Hal ini terkait dengan tanggung jawab IPB sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang dituntut untuk selalu menyediakan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk menjawab berbagai persoalan bangsa saat ini.

“Bangsa kita masih memiliki persoalan yang mendasar dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan. Selain kurangnya figure-figur pemimpin di berbagai organisasi/kelompok masyarakat, kita juga menghadapi masalah tidak berkembangnya bisnis secara memadai karena sedikitnya jumlah wirausahawan,” tandasnya. (Sumber: Institut Pertanian Bogor)

Share this:Print this pageEmail this to someoneShare on Facebook0Share on Google+0Share on StumbleUpon0Tweet about this on Twitter0Digg thisShare on Reddit0

[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • *