FEMA Jalin Kerjasama Internasional

thailand

Bangkok, Thailand – Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) terus berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi, di antaranya mengembangkan kerja sama internasional dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Sekretaris Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, FEMA IPB, Dr. Ninuk Purnaningsih, menyatakan kerja sama internasional itu diharapkan dapat mendorong Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) menjadi fakultas yang mendunia, sesuai dengan visinya menjadi fakultas yang membumi dan mendunia (Down to Earth and Internationalized).

Tekad untuk mampu “mendunia” itu, kata Ninuk, dapat dilakukan dengan dua cara, yakni internasionalisasi kedalam dan internasionalisasi keluar. Internasionalisasi kedalam berarti mendatangkan mahasiswa atau peneliti-peneliti asing ke lingkungan FEMA. Sedangkan Internasionalisasi kedalam dilakukan dengan mengirimkan mahasiswa atau peneliti-peneliti FEMA ke luar negeri. Hal ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi mancanegara.

Kerjasama internasional FEMA IPB dengan perguruan tinggi mancanegara salah satunya dilakukan dengan Faculty of Allied Health Sciences, Chulalongkorn University, Thailand. FEMA IPB dan Faculty of Allied Health Sciences CU telah resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) pada tanggal 17-19 Juli lalu yang berfokus pada upaya bersama mengurangi kasus-kasus gizi buruk dan meningkatkan ketahanan pangan. Adapun kerjasama tersebut meliputi: (i) Kolaborasi penelitian; (ii) Pertukaran staf pengajar, peneliti dan staf pendukung lainnya; (iii) Pertukaran mahasiswa; (iv) Membangun joint supervision untuk mahasiswa pascasarjana; (v) Melaksanakan kuliah dan simposium; (vi) Membangun joint publications; (vii) Pertukaran materi dan informasi akademik; dan (viii) Membangun dan mempromosikan kerjasama akademik lainnya seperti yang telah disepakati bersama. Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi maupun manfaat bersama, terutama bagi peningkatan profil internasional dari masing-masing fakultas.

Kerjasama antara IPB dengan Faculty of Allied Health Science, Chulalongkorn University sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 2005 dengan fokus kerjasama penelitian dan pelatihan pangan halal dibawah payung IMT–GT network. Sedangkan kerjasama yang telah ditandatangani pada bulan Juli lalu merupakan kerjasama dalam bidang gizi masyarakat. Baik FEMA IPB maupun AHS CU, kedua-duanya memiliki kapasitas dan perhatian yang sama dalam memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan MDGs, khususnya dalam mengurangi kasus-kasus gizi buruk dan meningkatkan ketahanan pangan.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Faculty of Allied Health Science, Chulalongkorn University, di Bangkok Selasa (17/7) tersebut, dihadiri pihak Chulalongkorn University diwakili oleh Dekan Faculty of Allied Health Sciences, Ass.Prof. Dr. Vanida Nopponpunth dan seluruh jajarannya, sedangkan dari FEMA IPB dihadiri oleh Dekan FEMA IPB, Arif Satria, Ketua Departemen Gizi Masyarakat FEMA IPB, Dr. Budi Setiawan, dan Dosen Gizi Masyarakat, Dr. Sri Anna Marliyati.

“Setelah melihat keberhasilan kerja sama internasional sebelumnya antara FEMA IPB dan universitas yang ada di luar negeri, kami percaya bahwa di masa depan kita dapat berhasil untuk kerja sama dengan Chulalongkorn University  tidak hanya dengan FEMA IPB, tetapi juga dengan fakultas lain di IPB” kata Ninuk.

Ninuk juga menyampaikan bahwa selain dengan Chulalongkorn University (Thailand), sebelumnya FEMA IPB juga telah menjalin kerja sama dan menandatangani MoU dengan beberapa universitas luar negeri lainnya, antara lain Universitas Kebangsaan Malaysia (Malaysia), Universitas Putra Malaysia (UPM), Tohoku University (Jepang), Hokkaido University (Jepang), Kagoshima University (Jepang), University of Manitoba (Kanada), Saint Mary’s University (Kanada), University of Hawaii (USA),  Colorado College (USA), Wageningen University Rotterdam (Belanda), dan Georg-August-Universität Göttingen (Jerman).

happy wheels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>