Dikti Alokasikan 7.500 untuk Beasiswa BPPS tahun 2009

Gedung Graha Wisuda (GWW) IPB (Foto oleh Mahmudi Siwi)

Gedung Graha Wisuda (GWW) IPB (Foto oleh Mahmudi Siwi)

Dikti Depdiknas pada tahun 2009 mengalokasikan 7.500 untuk beasiswa BPPS. Sebanyak 5.500 mahasiswa baru tingkat S2 dan 2.000 mahasiswa baru tingkat S3. Informasi ini disampaikan Dikti dalam surat resmi, berikut isi suratnya:

Nomor : 177 /D4.4/2009 ; 20 Januari 2009
Lampiran : 3 helai
Perihal : Alokasi BPPS bagi Perguruan Tinggi Pemilik Dosen

Kepada Yth. :
1. Rektor Perguruan Tinggi Negeri
2. Direktur Politeknik
3. Koordinator Kopertis Wilayah I – XII
Seluruh Indonesia.

Dengan hormat disampaikan bahwa pada tahun 2009 jumlah BPPS mahasiswa baru untuk S2 sebanyak 5.500 orang, sedangkan untuk S3 sebanyak 2.000 orang. Pengalokasian Distribusi BPPS tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Dialokasikan kepada Program Pascasarjana PTN/PTS yang memenuhi syarat. Cara ini sama dengan pola yang selama ini berjalan.
  2. Dialokasikan kepada PTN dan PTS pemilik dosen (dikordinasi oleh Kopertis).

Khusus untuk butir 2, saat ini kami sedang menghitung alokasi setiap PTN dan Kopertis. Pada prinsipnya distribusi didasarkan pada proporsi jumlah dosen tetap yang masih berpendidikan S1 di PTN dan PTS.
Dengan alokasi tersebut diharapkan PTN dan PTS dapat merancang individu dosen yang ditugasi menempuh S2, pada program studi apa dan di PPS Penyelenggara Program BPPS-mana.

Namun demikian perlu dicatat bahwa BPPS baru dapat diberikan apabila dosen dinyatakan diterima di PPs yang mendapat kepercayaan mengelola program S2/S3 dengan BPPS (daftar terlampir). Jika jumlah dosen yang diterima di PPs lebih sedikit dari alokasi yang dimiliki, maka sisa alokasi akan diberikan kepada dosen PTN/PTS lainnya.

Sambil menunggu alokasi BPPS untuk setiap PTN/Kopertis, kami harapkan setiap PTN dan PTS merancang pengiriman dosen ke S2 atau bahkan S3 setiap tahun, sampai semua dosen tetap mempunyai kualifikasi minimal S2 seperti diamanatkan UU Nomor : 14/2005. Untuk keperluan ini mohon digunakan format terlampir, dengan mencantumkan data yang akurat, misalnya sesuai dengan data yang dilaporkan dalam EPSBED periode terakhir. Untuk PTN isian tersebut mohon dikirim ke :

Direktur Ketenagaan, Lt. 5 Gedung D
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Senayan, Jakarta

Untuk PTS, rancangan tersebut mohon dikirim ke Kopertis masing-masing dan selanjutnya Kopertis melakukan agregasi dan hasilnya dikirim ke alamat di atas juga.

Kami berharap rancangan tersebut dapat kami terima paling lambat tanggal 27 Februari 2009.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Direktur Ketenagaan

ttd
Muchlas Samani
NIP: 130516386

Tembusan :
1. Dirjen Dikti
2. Kasubdit PK Dit. Ketenagaan
3. Arsip

happy wheels

41 thoughts on “Dikti Alokasikan 7.500 untuk Beasiswa BPPS tahun 2009

  1. tata taqiyatuz zahra

    saya mau tanya bagaimana dengan mahasiswa baru yang belum punya pekerjaan tapi dapat memenuhi kriteria beasiswa dengan adanya surat rekomendasi dari dosen yang bersangkutan? tetapi tidak dikirim oleh lembaga tersebut.

  2. Wahyu

    Status saya sekarang sebagai Dosen Luar Biasa dengan SK Rektor di Jurusan Teknik Mesin Unesa surabaya, apakah saya bisa mengajukan untuk mendapatkan beasiswa BPPS? Kalau bisa, bagaimana caranya? Terima kasih.

  3. Abdul Kadir

    Yth. Pak Muchlas Samani
    Assalamu’alaikum Warh. Wabr.
    Saya adalah mahasiswa Bapak di S2 UNESA (Mataram) angkatan 2006/2007 dan alhamdulillah sudah wisuda Oktober 2008. Sekarang sedang melanjutkan S3 di UNJ pada prodi yang sama.
    Masalahnya, saya adalah seorang guru SMP di Mataram. Saya mengharap dapat bergabung dengan BPPS Dikti. Tapi untuk Guru seperti saya tidak tersedia.
    Mohon, Bapak memberikan informasi yang dapat saya tempuh sehingga studi saya di S3 dapat saya selesaikan. Saat ini saya menanggung sendiri biaya kuliah dan lain-lainnya.
    Boleh kan guru SMP menempuh pendidikan Doktor?
    Terima kasih atas waktu Bapak membaca dan merespon komentar ini.
    Wassalamu’alaikum Warh. Wabr.

  4. Fitri

    Yth. Pak Muchlas Samani
    Assalamu’alaikum Warh. Wabr
    Pak Muchlas…saya adalah dosen STAIN dengan jurusan ekonomi, apakah saya bisa mendapatkan beasiswa BPPS karena yang saya dengar bahwa beasiswa BPPS untuk S3 tidak ada alokasi untuk dosen STAIN. Saya dulu S2 di Undip dan mendapat beasiswa BPPS. Tahun 2010 kalau ada alokasi untuk dosen STAIN saya akan melanjutkan S3. terima kasih

  5. Pikir Wisnu W

    Saya dosen tetap yayasan STMIK tapi masih dlm tahap pengurusan jabatan akademik, mau mengajukan beasiswa S3 Jurusan Bahasa Inggris (Pengajaran), tapi S1 Ekonomi & S2 Kajian Bahasa Inggris. Kira2 PT mana saya dapat apply beasiswa yang saya inginkan? Terima kasih

  6. joni hardianto

    aku pingin bgt dapetin beasiswa dari dikti itu tapi sulit bgt dapetinx………
    ada gak saran utama biar dapatin beasiswa itu????????

  7. Hasmelanasir

    saya seorang dosen akademi keperawatan swasta di medan,
    sudah mengikuti ujian BPPS program ingoing,
    kapan ya pengumunannya ?
    Saya sangat mengharapkan lulus di ujian beasiswa ini
    sangat membantu pembiayaan kuliah S2 saya di USU medan.
    Terimakasih atas perhatiannya.

  8. NANA AULIA

    saya lg MATRIKULASI S2 DI UGM JUR.GEOTEKNIK, TAPI LG NUNGGU PENGUMUMAN BPPS NYA KAPAN YACH KELUAR.MHN INFONYA

  9. sari

    Bpk2/Ibu2 di Dirjen Dikti, mohon untuk dipercepat pengumuman BPPS-nya. Karena masa pembayaran SPP di UGM sampai dengan akhir bulan Agustus 2009.

  10. La Ode Gantara Izhar M

    Yth. Bapak/Ibu pengelola beasiswa bpps..
    saya mau bertanya tentang kapan kiranya pengumuman ON GOING tahun ini? saya sangat mengharapkan bisa mendapatkan informasi karena kesulitan studi yang saya alami tanpa mendapatkan BEASISWA.. terimakasih atas perhatiannya..

  11. Arif RH

    saya sudah mulai s2 di UNY, dan saya sudah mengajar di perguruan tinggi swasta, saya pengin tanya bagaimana prosedur mendapatkan beasiswa BPPS, apakah setiap saat bisa mengajukan untuk mendapat beasiswa tersebut. thanks!

  12. stince sidayang

    bgm klu saya diusulkan dari PTN tempat tugas? Tapi di PTN tujuan pengumumannya kelulusannya baru ada hari senin tgl 10 agustus 2009 sedangkan berkasnya udah dikirim dari bulan juli 2009?

  13. vina

    klo boleh tahu kapan ya pengumuman penerima bpps 2009/2010 keluar?????kalo bisa jangan terlalu telat, masalahnya udah mau kuliah nih,kalo telat berarti kita2 tlat juga dong kuliahnya….mohon sedikit dipercepat ya…..

  14. Widya Handayani

    Saya dosen di akademi perawat columbia asia, sudah ikut tes masuk bpps usu (dari bulan mei kmeren),
    kapan ya pengumumannya??????
    krn saya liat dijadwal tgl 31 agustus ini sudah mulai perkuliahan,
    saya sangat berharap mendapatkan beasiswa ini. terima kasih

  15. meita

    kapan pengumuman calon penerima beasiswa bpps untuk tahun 2009/2010. mohon infonya, terima kasih.

  16. JUMADI

    AKU DOSEN AKADEMIK MANAJEMEN INFORMASI DAN TEKNIK INFORMATIKA DAN MASIH BERKUALIFIKASI S1, BAGAIMANA AKU MENDAPATKAN BEA SISWA BPPS…

  17. mahligin

    pak, saya adalah alumni di Fakultas sastra tepatnya di Universitas udayana Bali. sekarang sya tinggal dikampung tepatnya disebuahkampung yangbegitu terpencildan jauh dari kerumunan dan hingar bingar dunia mewah. saat ini saya bekerja sebagai pengajar atau bisa dibilang sebagai dosen swasta pada sebuah sekolah tinggi swasta yang bernama Sekolah Tinggi Agama Islam QamarulHuda (STAIQ) yang bernaung pada yayasan yang bernama yayasan pondok pesantren Al-Mansyuriah di Lombok Tengah, NTB. dari dulu hingga sekarang cita-cita saya adalah bisa sekolah setinggi-tingginya. saat-saat ini saya ingin sekali untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2 ataupun S3. saya dengar dan dianjurkan oleh teman-teman untuk melnjutkan studi dengan mengusulkan beasiswa BPPS. pertanyaan saya apakah bisa saya mengusulkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kalau bisa bagaimankah prosodurnya. trimakasih banyak atas saran-sarannya.

  18. TAUFIK A.

    Mohon diberitahu kapan penerimaan beasiswa BPPS untuk S3 tahun 2010 diadakan. Apakah dosen dilingkungan STAIN dapat mengajukan program BPPS tersebut? Terima kasih

  19. nuril

    pak,saya berharap sekali dapat beasiswa bpps,selain untukdosen apakah beasiswa ini bisa untuk fresh graduate

  20. Sri Yadial Chalid

    Saya ingin mencari kebenaran informasi dari teman saya, katanya beasiswa bpps untuk s3 hanya diperuntukkan untuk calon doktor yang berusia maksimal 40 tahun? benarkah info ini? terima kasih

  21. ruri

    saya dosen disalah satu perguruaan tinggi swasta bagaimana cara mendapatkan beasiswa BPPS ? apa saja syarat-syaratnya

  22. abzari jafar

    saya seorang dosen luar biasa dari awal tahun 2008, di jurusan Sastra Arab IAIN ar-raniry bagaimana caranya saya mendapat beasiswa BPPS sedangkan saya bukan PNS, kalo bisa bagaimana caranya…???

  23. Suman Anselah

    saya seorang guru SMA (PNS) tetapi mengajar juga pada PTS, pertanyaan saya bagaimana caranya agar saya dapat memperoleh beasiswa BPPS untuk lanjut pada jenjang S3

    maksih,

  24. Gregorius Sudaryono

    Saya adalah dosen yang sudah lama mengajar di Perguruan Tinggi swasta dan selama 6 tahun menjabat sebagai ketua sekolah tinggi ilmu bahasa asing (STIBA) CNK Kupang. Saya sudah pernah mengajukan beasiswa BPPS PPs penyelenggara Universitas Nusa Cendana Kupang jurusan linguistik tahun lalu namun saya tidak mendapat kesempatan memperoleh beasiwa itu. Awal tahun ini saya telah mengirim surat ke Ditnaga Dirjen Dikti dan disarankan untuk mengajukan permohonan lewat PPs pengirim yakni Kopertis wilayah VIII Denpasar. Saya sudah mengajukan permohonan sesuai persyaratan yang ditentukan. Saya mohon bantuan Bapak Direktur Ditnaga kiranya permohonan ini dikabulkan mengingat usia saya hampir melewati batas ketentuan. Terima kasih

  25. HANDA

    saya mahasiswa lulusan tahun ini. bagaimana cara mendapat beasiswa s2 utnuk mahasiswa fresh graduate?

  26. Meike Naomi Kansil,S.Pd

    Kepada Yth Bapak/Ibu
    di DIKTI

    Saya adalah mahasiswa magister (S-2)jurusan Biologi Universitas Negeri Manado tahun ajaran 2010-2011.Saya bermohon kiranya bapak/ibu boleh membantu saya dalam penyelesaian studi.Bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa?.atas bsntuan bapak/ibu saya ucapkan terimakasih

  27. irwan

    ass…..saya ingin melanjutkan study saya ke s-3 namun terkendala dengan biaya. saya seorang guru dan menjabat kepala sebuah sekolah swasta di surabaya.pendidikan saya sekarang s-2 pendidikan islam. bisakah saya mendaftarkan diri sebagai penrima beasiswa s-3 pendidikan matematika di lokasi surabaya?mohon konfirmasinya.

  28. Gregorius Sudaryono

    Yth, Admn. Ditaga.

    Terima kasih atas disetujuinya permohonan beasiswa BPPS saya, namun saya baru menerima dana selama 16 bulan dari 24 bulan. Bagaimana dengan kekurangan 8 bulan? Apa persyaratan lain yang harus saya penuhi? Mohon penjelsan Bapak/Ibu.

    Terima kasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>