Gedung Graha Wisuda (GWW) IPB (Foto oleh Mahmudi Siwi)

Gedung Graha Wisuda (GWW) IPB (Foto oleh Mahmudi Siwi)

Dikti Depdiknas pada tahun 2009 mengalokasikan 7.500 untuk beasiswa BPPS. Sebanyak 5.500 mahasiswa baru tingkat S2 dan 2.000 mahasiswa baru tingkat S3. Informasi ini disampaikan Dikti dalam surat resmi, berikut isi suratnya:

Nomor : 177 /D4.4/2009 ; 20 Januari 2009
Lampiran : 3 helai
Perihal : Alokasi BPPS bagi Perguruan Tinggi Pemilik Dosen

Kepada Yth. :
1. Rektor Perguruan Tinggi Negeri
2. Direktur Politeknik
3. Koordinator Kopertis Wilayah I – XII
Seluruh Indonesia.

Dengan hormat disampaikan bahwa pada tahun 2009 jumlah BPPS mahasiswa baru untuk S2 sebanyak 5.500 orang, sedangkan untuk S3 sebanyak 2.000 orang. Pengalokasian Distribusi BPPS tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

  1. Dialokasikan kepada Program Pascasarjana PTN/PTS yang memenuhi syarat. Cara ini sama dengan pola yang selama ini berjalan.
  2. Dialokasikan kepada PTN dan PTS pemilik dosen (dikordinasi oleh Kopertis).

Khusus untuk butir 2, saat ini kami sedang menghitung alokasi setiap PTN dan Kopertis. Pada prinsipnya distribusi didasarkan pada proporsi jumlah dosen tetap yang masih berpendidikan S1 di PTN dan PTS.
Dengan alokasi tersebut diharapkan PTN dan PTS dapat merancang individu dosen yang ditugasi menempuh S2, pada program studi apa dan di PPS Penyelenggara Program BPPS-mana.

Namun demikian perlu dicatat bahwa BPPS baru dapat diberikan apabila dosen dinyatakan diterima di PPs yang mendapat kepercayaan mengelola program S2/S3 dengan BPPS (daftar terlampir). Jika jumlah dosen yang diterima di PPs lebih sedikit dari alokasi yang dimiliki, maka sisa alokasi akan diberikan kepada dosen PTN/PTS lainnya.

Sambil menunggu alokasi BPPS untuk setiap PTN/Kopertis, kami harapkan setiap PTN dan PTS merancang pengiriman dosen ke S2 atau bahkan S3 setiap tahun, sampai semua dosen tetap mempunyai kualifikasi minimal S2 seperti diamanatkan UU Nomor : 14/2005. Untuk keperluan ini mohon digunakan format terlampir, dengan mencantumkan data yang akurat, misalnya sesuai dengan data yang dilaporkan dalam EPSBED periode terakhir. Untuk PTN isian tersebut mohon dikirim ke :

Direktur Ketenagaan, Lt. 5 Gedung D
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu Satu, Senayan, Jakarta

Untuk PTS, rancangan tersebut mohon dikirim ke Kopertis masing-masing dan selanjutnya Kopertis melakukan agregasi dan hasilnya dikirim ke alamat di atas juga.

Kami berharap rancangan tersebut dapat kami terima paling lambat tanggal 27 Februari 2009.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Direktur Ketenagaan

ttd
Muchlas Samani
NIP: 130516386

Tembusan :
1. Dirjen Dikti
2. Kasubdit PK Dit. Ketenagaan
3. Arsip

Share this:Print this pageEmail this to someoneShare on Facebook0Share on Google+0Share on StumbleUpon0Tweet about this on Twitter0Digg thisShare on Reddit0

[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


  • *