Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) merupakan salah satu departemen baru di IPB yang berkembang dari Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK). Lingkup kajian Departemen IKK meliputi aspek keluarga beserta anggotanya dan segala perilakunya dalam mengelola sumberdaya untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang diinginkannya.

Keluarga memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan kualitas sumberdaya manusia.  Praktek pengasuhan anak pada usia dini sangat menentukan perkembangan dan kualitas anak pada masa dewasa-nya.  Sebagai suatu unit ekonomi, keluarga melakukan berbagai fungsi, seperti alokasi sumberdaya, produksi barang dan jasa (market and non market commodities), distribusi produk antar anggota keluarga, dan konsumsi produk, untuk mencapai tingkat kesejahteraan. Dalam menjalankan fungsi tersebut, keluarga bertindak sebagai suatu unit produksi (produsen) sekaligus sebagai unit konsumsi (konsumen). Perilaku keluarga dalam upaya memaksimalkan kepuasan tentunya tidak lepas dari aspek manajemen sumberdaya dan perilaku konsumen.

Keluarga juga merupakan sebuah sistem yang berinteraksi secara terus menerus dengan lingkungan mikro dan makro, baik lingkungan fisik, sosial, ekonomi, sosial-budaya, teknologi, dan politik. Oleh karenanya, kajian keluarga memerlukan pendekatan inter-multi-disiplin. Pemahaman ilmu dan konsep dasar di bidang psikologi, sosiologi, komunikasi, ekonomi, manajemen, ekologi, dan seni menjadi penting dalam mengkaji keluarga dan perilaku-nya.

Dalam era globalisasi, peran keluarga menjadi sangat penting. Sebagai unit terkecil dari masyarakat yang me-megang peran strategis dalam pembangunan kualitas sumberdaya manusia, keluarga menghadapi tantangan yang besar dalam memelihara eksistensi dan menjalan-kan fungsinya untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. Departemen IKK memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan tenaga sarjana yang mampu menjawab tantangan tersebut.

MANDAT

Pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga, dengan memfokuskan pada pengembangan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga dan konsumen

MAYOR S1

Ilmu Keluarga dan Konsumen

MINOR S1

1.    Ketahanan Keluarga
2.    Perkembangan Anak
3.    Ilmu Konsumen

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan S1 Major IKK memiliki kompetensi dalam:

  1. Memahami teori keluarga, tumbuh kembang anak, serta ekonomi keluarga dan konsumen dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.
  2. Menganalisis upaya pemberdayaan keluarga dan konsumen, serta upaya peningkatan kualitas anak dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.
  3. Menerapkan kemampuan teknis dan manajerial dalam menyusun dan melaksanakan upaya peningkatan kualitas anak, kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan konsumen.

PROSPEK KERJA LULUSAN

  1. Konsultan di bidang: keluarga, tumbuh kembang anak, dan konsumen (seperti di LSM nasional maupun internasional; Plan International, Care, YLKI, UNICEF, dll)
  2. Pendidik dan pengelola pendidikan anak usia dini dan usia sekolah (seperti TK, sentra-sentra pendidikan anak usia dini/PAUD, Indonesia Heritage Foundation/IHF).
  3. Penelitia dan PNS di bidang keluarga, tumbuh kembang anak, dan konsumen (seperti di Meneg PP, BKKBN Depsos, Depkes, Depdagri).
  4. Tenaga akademik di bidang keluarga, tumbuh kembang anak, dan konsumen.
  5. Spesialis riset pemasaran dan konsumen, serta penanganan pelayanan konsumen.

PRESTASI MAHASISWA

  • 3 tim PKM mahasiswa yang dibiayai Dikti ahun 2007
  • 3 tim PKM Pengabdian Masyarakat yang dibiayai Dikti tahun 2007
  • 1 tim Finalis IPB LKTM Bidang Sosial 2007
  • Anggota Tim Paduan Suara IPB
  • Anggota Tim Pendaki Putri Gunung Rinjani 2007, dll

TOPIK-TOPIK PENELITIAN

  • Analisi keberfungsian keluarga
  • Interaksi dan komunikasi dalam keluarga
  • Transisi keluarga dan globalisasi
  • Analisis gender dalam keluarga
  • HUbngan inter dan antar keluarga: pembagian kerja, pengambilan keputusan
  • Koping strategi keluarga pada berbagai situasi
  • Pemberdayaan keluarga
  • Tumbuh kembang anak: permasalahan dan kendala
  • Kecerdasan kognitif dan prestasi akademik
  • Kecerdasan emosi anak
  • Pengasuhan
  • Stiulasi psikososial pada anak
  • Perilaku anti sosial anak
  • Emotion bonding ibu dan anak
  • Perkembangan karakter
  • Pendidikan yang patut dan menyenangkan bagi anak
  • Perkembangan anak dengan kebutuhan khusus
  • Sikap dan preferensi konsumen
  • Perilaku dan pengambilan keputusan konsumen
  • Perilaku penggunaan kartu kredit
  • Sosialisasi anak sebagai konsumen
  • Alokasi waktu dan pendapatan
  • Perilaku investasi pada anak
  • Kemiskinan dan kesejahteraan keluarga
  • Evaluasi ekonomi program peningkatan kesejahteraan keluarga
  • Evaluasi program pemasaran sosial

FASILITAS PERKULIAHAN

  • Ruang kuliah, seminar dan diskusi dilengkapi OHP dan LCD
  • Ruang baca
  • Ruang komputer dilengkapi akses internet
  • Lab. Keluarga
  • Lab. Tumbuh Kembang Anak
  • Lab. Pendidikan dan Perlindungan Konsumen
  • IPB – ISFA Educational Child Center/Sentra Pengembangan Anak IPB-ISFA (Indonesia Singapore Friendship Association)