Gizi Masyarakat

Paradigma baru manajemen pendidikan tinggi menekankan pentingnya otonomi institusi yang berlandaskan pada akuntabilitas, evaluasi, dan akreditasi, yang bermuara pada tujuan akhir peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Di lain pihak, kecenderungan globalisasi, kebutuhan masyarakat dan tuntutan persaingan yang semakin ketat menuntut komitmen yang tinggi pada penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Pemahaman tersebut menegaskan perlunya setiap Departemen di IPB melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu, termasuk di dalamnya Sistem Jaminan Mutu Pendidikan untuk menjamin agar mutu pendidikan yang diselenggarakan di Departemen di IPB dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan yang diharapkan.

Institut Pertanian Bogor telah melakukan restrukturisasi kelembagaan dalam rangka efisiensi manajemen dan fokus pengembangan ilmu. Salah satu hasilnya adalah pengembangan kurikulum berbasis mayor minor, yang dilanjutkan dengan penataan departemen dan kluster departemen secara partisipatif. Kegiatan lanjutan dari restruktrurisasi kelembagaan yang menonjol pada Tahun 2007 adalah pembentukan Mayor Pasca Sarjana dan penyusunan kurikulumnya. Di samping itu adalah pembukaan program penyelenggaraan khusus S1 Mayor Ilmu Gizi. Sebaliknya pata tahun ini pula Program Phasing Out Diploma III telah habis.

Kehadiran Departemen Gizi Masyarakat di bawah Fakultas Ekologi Manusia di IPB bertujuan untuk mengembangkan ilmu gizi dan menghasilkan tenaga sarjana gizi yang nantinya dapat ikut ambil bagian di dalam pembangunan Indonesia.

VISI

Menjadi lembaga pendidikan tinggi terkemuka dalam bidang gizi masyarakat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas di bidang gizi masyarakat,
  2. Mengembangkan IPTEKS yang ramah lingkungan melalui penelitian mutakhir dibidang gizi masyarakat,
  3. Menerapkan dan mendayagunakan IPTEKS gizi masyarakat untuk mencapai kualitas kehidupan yang sehat, cerdas, produktif dan berkelanjutan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi di bidang gizi yang mampu menganalisis dan mengembangkan alternatif pemecahan masalah gizi,
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat inovatif dan produktif di bidang gizi,
  3. Memberikan pelayanan masyarakat berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi.

KOMPETENSI

Lulusan program sarjan Mayor Ilmu Gizi, Fakultas Ekologi Manusia IPB memiliki kompetendi dalam:

  1. Mampu mengevaluasi keadaan gizi kaitannya dengan kesehatan, tumbuh kembang manusia dan produktivitas.
  2. Mampu menganalisis keterlibatan keterkaitan gizi dengan aspek pertanian, sosial ekonomi budaya dan kesehatan serta dampaknya terhadap kualitas manusia.
  3. Membuat perencanaan dan memberi jasa konsultasi perbaikan gizi melalui pengelolaan sumberdaya pangan, lingkungan, informasi, komunikasi dan teknologi (ICT) secara profesional, komunikatif dan kreatif dalam mewujudkan pembangunan pertanian dan pedesaan yang berkeadilan.
  4. Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian dengan bimbingan.

PROFIL PENGAJAR

Derpartemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB memiliki 29 dosen tetap, lima diantaranya adalah guru besar. Berdasarkan jenjang pendidikannya, 19 orang bergelar doktor (S3), lima orang Master (S2), serta lima orang dokter dan sarjana (S1). Para staf pengajar tersebut merupakan lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri dengan berbagai bidang keahlian meliputi: ilmu gizi, teknologi pangan, biokimia, fisiologi, statistika, peternakan, dokter hewan, dan dokter medik.

LAPANGAN KERJA

  • Perencana program pangan dan gizi di Instansi Pemerintah
  • Tenaga pengajar dan pendidik
  • Konsultan dan penyuluh di bidang pangan, gizi, dan kesehatan
  • Ahli gizi di industri pangan dan rumah sakit
  • Peneliti di bidang pangan, gizi dan kesehatan
  • Industri pangan (pengembangan produk)
  • LSM/NGO
  • Wirausaha di bidang pangan, gizi, pertanian dan pendidikan

ALAMAT KANTOR

Jl. Lingkar Kampus, Kampus IPB Darmaga, Bogor. 16680

Telp: 0251 – 8628304/8621258

Fax: 0251 – 8625864/8622276

E-mail: gizi-fema@ipb.ac.id

Share this:Print this pageEmail this to someoneShare on Facebook0Share on Google+0Share on StumbleUpon0Tweet about this on Twitter0Digg thisShare on Reddit0