• Klinik Tumbuh Kembang Anak

    Divisi Perkembangan Anak yang merupakan bagian dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, FEMA IPB memiliki layanan Klinik Tumbuh Kembang Anak (TKA). Layanan ini telah dilengkapi dengan berbagai modul dan beragam jenis layanan yang dapat dinikmati masyarakat. Klinik TKA mengemban misi untuk memberikan pelayanan konsultasi yang paripurna, handal, dan memenuhi kaidah-kaidah pelayanan bagi masyarakat sehingga selain sebagai wadah pembentukan keahlian mahasiswa Program Sarjana juga sebagai bentuk pengabdian masyarakat khususnya dalam pelayanan jasa bimbingan dan konseling anak. Pelayanan konsultasi diberikan oleh para dosen yang berpengalaman di bidangnya, dibantu pula oleh klinikoran dan mahasiswa yang telah terlatih dan terampil sebagai asisten pada Klinik TKA. Klinik TKA berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada setiap pengguna jasa (klien).

    Terdapat 15 program layanan yang tersedia di Klinik TKA:

    1. Konsultasi permasalahan anak dan remaja;
    2. Konsultasi pola asuh orang tua;
    3. Konsultasi pengembangan diri anak remaja;
    4. Konsultasi gangguan perilaku, emosi, dan social;
    5. Konsultasi gangguan konsentrasi dan kesulitan belajar;
    6. Layanan bimbingan dan konsultasi;
    7. Pelatihan parenting dan pendidikan karakter:
    8. Tes IQ;
    9. Tes minat bakat dan gaya belajar;
    10. Tes karakter anak;
    11. Deteksi dini perkembangan anak;
    12. Tes tingkat stres anak;
    13. Tes kesiapan sekolah dan kesulitan belajar;
    14. Konsultasi pra-nikah;
    15. Konsultasi persiapan kehamilan dan persalinan
  • Agri FM

    Radio Institut Pertanian Bogor atau yang dikenal dengan nama AGRI FM didirikan sejak tanggal 3 Oktober Operasional Agri FM di Kampus IPB Darmaga dimulai sejak dikeluarkannya rekomendasi Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat No /39/BPSFR Tanggal 21 September 2004.Radio ini didirikan sebagai sarana penyebarluasan informasi bagi civitas IPB dan masyarakat luas. Dalam perjalanannya radio ini memiliki peran penting sebagai media komunikasi bagi civitas akademika IPB, dan pengembangan potensi dan profesionalisme dalam bidang penyiaran.

    VISI

    Menciptakan media informasi dan komunikasi pendidikan yang efektif bagi civitas Institut Pertanian Bogor, dan masyarakat luas.

    MISI

    1. Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme warga IPB dengan menyelenggarakan siaran radio berbasis ilmu dan teknologi pertanian,
    2. Mengembangkan potensi civitas IPB dengan pelatihan, pendidikan, dan pemberdayaan,
    3. Membangun jaringan dan kerjasama yang sinergis dengan lembaga internal dan eksternal IPB
    4. Mendorong pembangunan pendidikan dan pertanian modern di Bogor dan sekitarnya.
  • GreenTV

    Green TV adalah penyedia konten dalam bidang pertanian, pengelolaan sumber-sumber alam dan lingkungan hidup, untuk mengangkat martabat kehidupan pertanian dan gaya hidup baru yang berkelanjutan.

    Green TV memfasilitasi komunikasi/diseminasi hasil penelitian dan pemberdayaan masyarakat dari seluruh unit yang berada di lingkungan IPB, bagi masyarakat dan stakeholder lainnya.

    VISI

    Menjadi penyedia konten rujukan di bidang pertanian, pengelolaan sumber-sumber alam, dan lingkungan hidup untuk mengangkat martabat kehidupan pertanian dan gaya hidup baru yang berkelanjutan.

    MISI

    1. Memfasilitasi kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas kompetensi produksi dan distribusi materi audio visual/program televisi.
    2. Memproduksi bahan tayangan pendidikan pertanian, pembangunan dan lingkungan bagi masyarakat luas.
    3. Mendistribusikan materi tayangan secara mandiri maupun melalui kerjasama penayangan dengan stasiun televisi lainnya.

    Tujuan  :

    1. Mendorong transformasi IPTEKS kepada masyarakat di bidang pendidikan, pertanian, pengembangan pedesaan dan lingkungan hidup.
    2. Mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat dengan pendayagunaan IPTEKS  di sektor pendidikan, pertanian, dan lingkungan hidup.
    3. Memperkuat komunikasi pembangunan antara IPB dengan masyarakat dan stakeholder lainnya.
    4. Memperoleh alternatif sumber pendanaan bagi promosi pengembangan IPTEKS untuk sekaligus mendorong  IPB  untuk menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka  – World Class-University.

    Informasi selengkapnya disini.