DEKAN:

UJANG SUMARWANUjang-Sumarwan

Lahir di Jakarta 16 September 1960 dari pasangan Almarhum Muhammad Salim dan Hj. N. Ratnasih. Ia memperoleh gelar Sarjana Sosial Ekonomi Pertanian dengan konsentrasi Agribisnis dari Institut Pertanian Bogor pada tahun 1985 dan gelar Master of Science bidang Household Economics pada tahun 1990 dan gelar Doktor bidang Perilaku Konsumen pada tahun 1993 dari Iowa State University, Ames Iowa Amerika Serikat. Ia diangkat menjadi Guru Besar Ilmu Perilaku Konsumen pada 1 Mei 2005. Sejak tahun 1994 mengembangkan penelitian dalam bidang perilaku konsumsi pangan dan perilaku pembelian dan penggunan berbagai produk dan jasa, serta berbagai penelitian lain yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Pada tahun 2003 menerbitkan buku teks yang berjudul Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Buku tersebut telah dicetak ulang yang kedua pada tahun 2004, dan cetak ulang ketiga serta edisi revisi kedua pada tahun 2011. Ia adalah Sekretaris Tim Penyunting Buku Pemikiran Guru Besar Institut Pertanian Bogor: Persfektif Ilmu-ilmu Pertanian dalam Pembangunan yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh Dewan Guru Besar IPB dengan Penebar Swadaya dan IPB Press. Buku tersebut berisi kumpulan pemikiran yang ditulis oleh 104 Guru Besar IPB. Ia adalah salah seorang penulis dari buku Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham yang diterbitkan Inti Prima tahun 2009. Ia juga salah satu penulis dari buku Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja yang diterbitkan IPB Press tahun 2010, kemudian dicetak ulang yang kedua pada tahun 2011.

Ia juga adalah salah seorang penulis dari Buku Seri 1 Riset Pemasaran dan Konsumen: Panduan Riset dan Kajian Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Resiko. Ia adalah salah seorang penulis dari Buku Seri 2 Riset Pemasaran dan Konsumen Seri 2: Pengolahan dan Analisis Data serta Kajian Budaya dan Risiko Kredit, Marketing Destination Brands, Brands Equity dan Motivasi, Model Keputusan Konsumen, Sikap Konsumen dan Produk Hijau, Pemasaran Hubungan, Consumer Awareness dan Sertifikasi Ekolabel, dan Model Pengembangan Kota Gas. Ia adalah salah seorang dari penulis Buku Seri 3 Riset Pemasaran dan Konsumen: Anova, Ancova, Regresi dan Structural Equation Modeling serta Kajian: Posisi Produk, Ekuitas Merek, Konsep Diri, Loyalitas Toko, Sikap dan Preferensi, Strategi Harga, dan Keluhan Pelanggan yang diterbitkan IPB Press tahun 2013. Ia adalah Editor dan sekaligus salah seorang penulis dari buku Metode Riset Bisnis dan Konsumen (2014), dan buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan (2015). Ia adalah Kepala Bagian Ekonomi Konsumen dan Perilaku Konsumen periode 2005-2013, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia IPB. Saat ini Ia adalah salah seorang Staf Pengajar bidang Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Ia pernah menjabat sebagai Asisten Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Program Studi Magister Manajemen Agribisnis IPB 1 Agustus 2001- Desember 2005, Kemudian menjadi Asisten Direktur Sumberdaya dan Perencanaan Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB, Desember 2005 – Juli 2008, kemudian menja Asisten Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis IPB Agustus 2008-10 February 2014. Ia pernah menjabat Ketua Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia IPB 24 Oktober 2013- 2017. Dan saat ini ia menjabat sebagai DEKAN dari Fakultas Ekologi Manusia IPB 11 Januari 2018 – 2023.

Ia juga anggota Senat Akademik IPB (2008-2013) dan anggota Senat Akademik Fakultas Ekologi Manusia IPB (2005- sampai sekarang) serta anggota Majelis Wali Amanat IPB Periode 2008- April 2012. Ia mengajar mata kuliah Perilaku Konsumen di Program Sarjana, Magister dan Doktor di Institut Pertanian Bogor, dan di Program Magister Manajemen Universitas Sumatra Utara. Ia juga mengajar mata kuliah Manajemen Pemasaran, Metode Riset Bisnis, Riset Pasar, dan Metode Penelitian Konsumen di IPB. Selain aktif mengajar, Ia juga aktif menjadi pembimbing disertasi dari beberapa mahasiswa Program Doktor dan pembimbing tesis dari mahasiswa Program Magister Institut Pertanian Bogor. Ia telah meluluskan 11 mahasiswa doktor, dan lebih dari 100 mahasiswa magister. ia juga menjadi pembicara seminar dan fasilitator dan instruktur pelatihan di berbagai forum. Keluarga : Ia menikah dengan Dra. Hj. Deni Purnawati pada tanggal 25 Oktober 1987 dan dikarunia dua putra : Hada Syaairillah lahir di Bogor 14 Desember 1989 dan Abdurroziq Naufal lahir di Bogor 13 Juni 1998. Saat ini ia tinggal di Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor (berlokasi sekitar 25 km arah Barat kota Bogor atau sekitar 10 km arah Barat Kampus IPB Darmaga).

Email : sumarwan@apps.ipb.ac.id

Web : sumarwan.staff.ipb.ac.id

 

 

WAKIL DEKAN BIDANG AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN : SITI AMANAH

Siti Amanah dilahirkan di Singaraja Bali 3 September 1967, merupakan Anak kedua dari Ayahanda H. Sukro Utomo, SH (Alm) dan Ibunda Hj. Maimunah, AMd. Pendidikan SD, SMP, sampai dengan SMA ditamatkan di Singaraja Bali.  Belajar sepanjang hayat merupakan salah satu prinsip yang dipegang Siti Amanah. Tidak heran, jika Siti Amanah sangat menyukai belajar dari berbagai orang dengan latar belajang budaya yang berbeda dari berbagai tempat yang pernah dikunjungi.  Sekaligus pada setiap kesempatan bertemu dengan orang dari berbagai budaya, senantiasa menyukai berbagi pengetahuan dan pengalaman.

 

Diterima sebagai Mahasiswi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, melalui Jalur PMDK (Penelusuran MInat, Bakat dan Kemampuan) pada 1985. Selama kuliah, Siti Amanah pernah menjadi Asisten Dosen untuk Mata Kuliah: Ekonomi Pertanian dan Statistika; dan aktif dalam organisasi kemahasiswaaan di antaranya, sebagai Pengurus Himpunan Mahasiswa Sosial EKonomi Pertanian dan KOHATI.  Lulus sebagai Sarjana Sosial EKonomi Pertanian dengan Predikat Cumlaude pada 1989, dengan Skripsi: “Pengaruh Kepemimpinan  terhadap Partisipasi Petani dalam Kegiatan Lumbung Desa”. Lumbung Desa yang diteliti menerapkan Prinsip Zakat yang bersumber dari Hasil Panen. Pada tahun 1995 Siti Amanah melanjutkan kuliah di Western Sydney University, dengan beasiswa AusAID. Program MSc tersebut diselesaikan pada 1997 dengan tesis berjudul: “A Learner-centered Approach to Improve Learning and Teaching at an Agricultural Polytechnic in Indonesia”.  Pendidikan Doktor diselesaikan di IPB pada 2006 dari Program Studi Penyuluhan Pembangunan dengan disertasi berjudul: “Pengembangan Masyarakat Pesisir berdasarkan Kearifan Lokal”

 

Menjadi Dosen Bidang Ilmu Penyuluhan sejak 1992, lalu pada 1997 mendapat Jabatan Fungsional Sebagai  Lektor/Dosen di Departemen Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB dengan Mata Kuliah Penyuluhan Perikanan, Komunikasi Pembangunan dan Sosiologi Perikanan. Seiring dengan Implementasi Kurikulum Mayor Minor di IPB, Siti Amanah bergabung dengan Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia pada 2005. Pada 2004-2005, Siti Amanah membantu Pusat Studi Wanita IPB sebagai Sekretaris Pusat; lalu pada 2005 selain di Departemen SKPM FEMA IPB, ia aktif  berkiprah di Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan IPB sebagai Ketua Program Studi Wanita. Pada 2007-2014, Siti Amanah mendapat kepercayaan memimpin Program Studi Magister dan Doktor Ilmu Penyuluhan Pembangunan. Pada 2013-2017, Siti Amanah terpilih sebagai Ketua Departemen SKPM FEMA IPB.

 

Selama menjadi Dosen, Siti Amanah pernah menjadi Master Trainer untuk Pendidikan Perempuan (Direktorat Pendidikan Masyarakat, Kemdiknas 2008-2010), mendapat tugas tambahan sebagai Reviewer Penelitian (2007-2017), dan sebagai Reviewer  Penelitian Bersertifikat mulai 2017 – kini. Sering terlibat dalam  upaya mengembangkan kapasitas dosen dalam penelitian di beberapa perguruan tinggi.  Selain itu, Siti Amanah memiliki fokus penelitian dan pengembangan dalam bidang  penyuluhan pertanian/perikanan/sosial, studi gender dan pemberdayaan perempuan terutama dalam  kepemimpinan dan kelembagaan. Pada tahun 2005 terpilih sebagai Peneliti/Penyaji Poster Terbaik Bidang Sosial Penelitian Hibah Bersaing, Direktorat Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Sampai April 2018, Siti Amanah meluluskan lebih dari 52 Sarjana, 24 Maguster dan 15 Doktor.  Beberapa buku yang pernah diterbitkan di antaranya adalah Pengembangan Kelembagaan Komunikasi Inovasi Kelompok Tani Hortikultura Dataran Rendah dalam Meningkatkan Daya Saing (PSP3 LPPM IPB, 2010, Penulis Utama Bersama 5 Anggota Penulis), Gender dalam Skema Imbal Jasa Lingkungan (ICRAF 2014, sebagai Tim Editor dan Anggota Tim Penulis); Pemberdayaan Sosial Petani-Nelayan, Keunikan Agroekosistem dan Daya Saing (Yayasan Obor, 2014, Siti Amanah dan Narni Farmayanti). Mempublikasikan Artikel Ilmiah di antaranya dalam Jurnal Penyuluhan (Jurnal Nasional Terakreditasi Kemristekdikti), Jurnal Manusia dan Lingkungan (Jurnal Nasional Terakreditasi Kemristekdikti), dan lebih dari 15 artikel yang ditulis bersama dengan mahasiswa/i dan telah dipublikasikan dalam seperti Pertanika Journal of Social Science and Humaniora dan sejumlah Jurnal Ilmiah Internasional lainnya.

 

Dalam jaringan keilmuan serumpun, Siti Amanah terlibat sebagai Pengurus Perhimpunan Ahli Penyuluhan Pembangunan Indonesia; Anggota Steering Committee Asia Pacific Islands Rural Advisory Services, dan Chair Interim Rural Advisory Services for Southeast Asia. Bersama beberapa Kolega dari Organisasi Pemerintah, Civil Societry Organization, Perguruan Tinggi dan Swasta; menjadi Pendiri Indonesia Forum for Rural Advisory Services.  Berjejaring pula dengan Asosiasi Program Studi Penyuluhan.  Mengenai keluarga, Siti Amanah menikah dengan Muhamad Akbar pada 30 nOktober 1994, dikarunai sepasang anak, putri dan putra.

 

E-mail: siti_amanah@apps.ipb.ac.id dan siti_amanah@ipb.ac.id

 

WAKIL DEKAN BIDANG SUMBERDAYA, KERJASAMA DAN PENGEMBANGAN : AHMAD SULAEMAN

Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, M.S. dilahirkan di Sukabumi, 31 Maret 1962. Menyelesaikan SD hingga SMA di Sukabumi. Pada tahun 1981 diterima di IPB melalui jalur ujian saringan masuk IPB (Perintis II) dan masuk Departemen Teknologi Pangan dan Gizi – Fakultas Teknologi Pertanian dan lulus tahun 1985. Pendidikan S2 dalam bidang Ilmu Pangan ditempuh di Fakultas Pasca Sarjana IPB pada tahun 1989-1993 dengan beasiswa dari Nutrition and Community Health Project II (World Bank XVII). Pendidikan S3 dalam bidang Human Nutrition ditempuh di University of Nebraska Lincoln USA pada tahun 1997-2001 dengan beasiswa dari Merit Scholarship Program for High Technology – Islamic Development Bank.

Pendidikan non-formal diperoleh melalui berbagai training dan workshop di bidang pangan, gizi dan keamanan pangan, diantaranya: training Pangan, Gizi dan Pertanian oleh Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi tahun 1987, Internship di bidang Instrumentasi dan Sensori Evaluation di University Nebraska pada tahun 1990 (dana IUC-FN World Bank), Pelatihan mengenai Penilaian Keamanan Pangan Produk GMO (2002), Pelatihan mengenai Risk Communication (2002), Food Safety Course for Health Professionals (2004), training Food Safety Monitoring System di Wageningen University (2004), pelatihan HACCP dari Curtin University (2004), Pelatihan mengenai Fresh Food Managemen pada Industri Ritel dari Food Marketing Institute (2005), Pelatihan ISO22000:2005 dari BM Trada, England (2007), Pelatihan mengenai BRC Standards dari SAI Global (2008), Pelatihan dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1984 beliau pernah bekerja food analist pada bagian Quality Control PT Takeda Indonesia. Selanjutnya pada tahun 1985 bekerja di PT Morelli Makmur dan pada Tahun 1986-1987 bekerja sebagai staf pengajar di Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP-SPMA) Sukabumi. Pada tahun 1987-1992 beliau bekerja di Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi IPB. Pada tahun 1988 beliau diangkat sebagai CPNS pada Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Fakultas Pertanian IPB. Pada tahun 1993-1996 penulis diminta membantu Third Community Health and Nutrition Projek (CHN-III) pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Sejalan dengan restrukturisasi departemen-departemen di IPB, pada tahun 1985 penulis bergabung di Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia. Selain aktif mengajar beliau juga terlibat di bidang penelitian, pelatihan dan konsultan di bidang gizi dan keamanan pangan. Saat ini penulis juga terlibat aktif di SEAFAST Center IPB. Di forum nasional, penulis sering menjadi narasumber untuk bidang bidang terkait gizi dan keamanan pangan. Misalnya terlibat dalam penyusunan konsep Sistem Pengawasan dan Monitoring Keamanan Produk Pangan Segar yang melahirkan Sistem Sertifikasi Pertanian Indonesia (SI SAKTI) dan sistem pelabelan PRIMA III, II dan I yang berbasiskan GAP Indonesia. Penulis juga terlibat dalam penyusunan konsep sistem pengawasan keamanan pangan segar di entry/exit point yang sekarang telah resmi keluar Permentan No 27 tahun 2009. Sejak tahun 2005 beliau diangkat menjadi anggota Pokja pada Otoritas Kompeten Pangan Organik yang bertugas menyusun dan merumuskan kebijakan terkait pengembangan pangan organik di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari posisi penulis sebagai ketua Bidang Kajian dan Pengembangan pada organisasi Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (MAPORINA) Pusat dan ketua Indonesia Sustainable Agriculure Initiatives (ISAI) suatu organisasi nirlaba yang berkedudukan di Jakarta. Sejak 2007 beliau juga dipercaya sebagai Board of Trustee dari Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI). Selain untuk departemen pertanian, penulis sering diminta menjadi narasumber pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta lembaga-lembaga swasta. Beliau pernah menjadi konsultan pada projek Amarta-USAID, konsultan lokal untuk Wageningen International, dan konsultan keamanan pangan pada SPRIM-Korea yang antara lain bertugas melakukan penjaminan keamanan pangan produk segar di supermarket/hypermarket di Indonesia.

Di tengah kesibukannya, beliau masih menyempatkan diri aktif sebagai ketua redaksi jurnal terkareditasi Media Gizi dan Keluarga (2003-2008), anggota redaksi Jurnal Gizi dan Pangan dan anggota redaksi Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Saat ini beliau juga masih aktif sebagai tim reviewer nasional untuk penelitian-penelitian yang didanai Dikti. Terkait dengan hal tersebut beliau aktif memberikan pelatihan kepada dosen dari berbagai perguruan tinggi agar dapat menyusun proposal penelitian yang layak didanai. Berbagai pelatihan tentang gizi dan keamanan pangan juga beliau  berikan kepada berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Pada tahun 2006 beliau mendapat penghargaan sebagai dosen berprestasi Fakultas Ekologi Manusia IPB dan sejak 1 Januari 2009 diangkat sebagai Guru Besar IPB bidang Keamanan Pangan dan Gizi.