Mobil Curhat

Deskripsi

Mobil Curhat merupakan program pengabdian pada masyarakat yang diselenggarakan atas kerjasama FEMA IPB dengan Pemerintah Kota Bogor sejak tahun 2014. Sesuai dengan nama program, Mobil Curhat menggunakan mobil yang dimodifikasi menjadi tempat pelayananan konseling di bidang gizi, kesehatan, dan keluarga. Mobil Curhat dioperasikan secara berkeliling di wilayah kota Bogor.

Tujuan

Program Mobil Curhat bertujuan untuk meningkatkan akses kepada layanan konseling di bidang kesehatan, gizi, dan keluarga.

Ayo Melek Gizi Community and Nutrition Education Center (AMG CONNECT)

Deskripsi

AMG Connect merupakan program pusat pendidikan gizi masyarakat sebagai bentuk upaya kreatif dalam mengoptimalkan potensi knowledge, skill, dan attitude sebagai respon atas permasalahan gizi yang dihadapi masyarakat. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2012 bekerjasama dengan PT Sarihusada.

Kegiatan

Tahun I (2012)

  • Edukasi kepada 198 kader Posyandu dari 91 Posyandu di lingkar kampus IPB
  • Edukasi kepada 192 Key Opinion Leaders (KOLs)
  • Edukasi lebih dari 4000 ibu-ibu
  • Menyediakan 2 showcases AMG Connect di Posyandu

Tahun II (2013-sekarang)

  • Mengembangkan Kampung AMG di Dramaga , Bogor
  • Edukasi gizi (Level 1 & Level 2) kepada lebih dari 100 orang
  • Identifikasi permasalahan gizi di sejumlah lokasi kajian (lokasi KKN IPB)

Green PLASMA-Demplot Blue Economy

Deskripsi

Demplot Blue Economy terdiri atas reaktor biogas, budidaya lele, dan hidroponik, yang merupakan salah satu program yang dikembangkan dalam konsep Green PLASMA. Demplot Blue Economy dikembangkan atas kerjasama antara FEMA dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan – Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (BPSDMP KP-KKP RI) sejak tahun 2016.

Tujuan

Demplot Blue Economy dikembangkan sebagai perintis penerapan prinsip blue economy dan zero waste management serta menunjang fasilitas pembelajaran bagi para penyuluh pertanian serta masyarakat luas.

Program Gizi Anak Sekolah (PROGAS)

Deskripsi

Program Gizi Anak Sekolah (PROGAS) merupakan program perbaikan gizi anak sekolah melalui pemberian pendidikan gizi, peningkatan asupan gizi melalui sarapan sehat dan pendidikan karakter agar siswa mempunyai perilaku dan budaya hidup bersih dan sehat untuk membentuk karakter Insan Indonesia yang tangguh dan berdaya saing. Program ini dilaksanakan atas kerjasama antara FEMA IPB, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Pergizi Pangan sejak tahun 2016.

Tujuan

Tujuan Umum:

Tujuan Umum PROGAS yaitu meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan asupan gizi serta kemampuan belajar dalam upaya membentuk karakter insan Indonesia tangguh dan berdaya saing.

Tujuan Khusus:

  1. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik gizi peserta didik SD/MI.
  2. Meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat peserta didik SD/MI.
  3. Meningkatkan asupan gizi peserta didik SD/MI melalui penyediaan konsumsi pangan dengan prinsip gizi seimbang
  4. Meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik SD/MI.
  5. Meningkatkan minat dan kemampuan belajar peserta didik SD/MI.
  6. Mendorong terwujudnya kantin bersih dan sehat di sekolah.
  7. Meningkatkan kecintaan peserta didik SD/MI terhadap pangan lokal.
  8. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan dan menyediakan pangan lokal.

Sasaran

Sasaran PROGAS adalah seluruh peserta didik SD dan MI baik negeri maupun swasta diseluruh Indonesia. Bantuan gizi melalui sarapan sehat di sekolah hanya diberikan kepada peserta didik baik negeri maupun swasta di wilayah Kabupaten dan Kota terpilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

Pilot Project

Uji Coba PROGAs untuk tahun pertama (selama 1 tahun) dilakukan di wilayah berikut:

  1. Kabupaten Kupang
  2. Kabupaten Timor Tengah Selatan
  3. Kabupaten Kupang
  4. Kabupaten Tangerang (Desa Kohod)

Piring Makanku

Deskripsi

Edukasi gizi untuk anak usia dini dengan memberikan pedoman untuk konsumsi makanan sekali makan. Program Piring Makanku mengusung konsep Pedoman Gizi Seimbang (PGS) agar lebih mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Program Piring Makanku merupakan kerjasama FEMA IPB dengan PT Danone Indonesia sejak tahun 2017.

Tujuan

Tujuan dari program ini adalah untuk merancang konsep edukasi gizi untuk siswa PAUD melalui “Piring Makanku”.

Luaran

  • Konsep “Piring Makanku” bagi siswa PAUD (balita), baik untuk makan pagi, siang maupun malam.
  • Panduan Pembelajaran “Piring Makanku” bagi guru-guru PAUD.

Labschool Pendidikan Karakter IPB-ISFA

Taman Kanak-kanak (TK) Laboratorium Sekolah (Labschool) Pendidikan Karakter Institut Pertanaian Bogor – Indonesian Singapore Friendship Association (IPB-ISFA) merupakan Pendidikan untuk anak usia dini yang ditujukan untuk anak-anak berumur 4-6 tahun.

Labschool sendiri merupakan Satuan Usaha Akademik (SUA) di lingkungan IPB yang telah ditetapkan sebagai salah satu SUA di IPB melalui ketetapan SK Rektor IPB Nomor 168/13/LL/2011 tertanggal 10 Oktober 2011. Pembangunan gedungnya yang berlokasi di Jl. Cikabuyutan No. 1 Baranangsiang, Bogor berlangsung sejak awal hingga pertengahan tahun 2010. Pengembangan Labschool dikelola oleh Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia (FEMA)-IPB.

Info lebih lengkap: http://labschool-ipbisfa.com