Alamat

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
Gedung FEMA Wing 1 Level 5
Jl. Kamper, Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680
Telepon : 0251-8627793, 8420252
Faksimili : 0251-8627793
E-mail: kpm_fema@ipb.ac.id atau dept_kpm@fema.ipb.ac.id
Situs web: http://skpm.ipb.ac.id

Nama Mayor / Kode Mayor

Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat / I31

Akreditasi

A – 237/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013

Jabaran Learning Outcomes

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan sosiologi, antropologi, psikologi sosial, komunikasi, ekologi manusia, penyuluhan, kependudukan, dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang penyuluhan, komunikasi pembangunan, ekologi politik, sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat, agar dapat berperan sebagai penyuluh, komunikator pembangunan dan pekerja pengembangan masyarakat dan tanggung jawab sosial.

Jumlah Dosen

Profesor Doktor (3), Doktor (18), Magister (15)

Mandat

Pengembangan ilmu sosiologi, antropologi, kependudukan, politik, komunikasi, ekologi manusia, pendidikan-penyuluhan, dan pengembangan masyarakat untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

Keunggulan

Mampu menerapkan teori dan metodologi keilmuan bidang komunikasi dan pengembangan masyarakat untuk menganalisis masalah kemasyarakatan, mengembangan manajemen komunikasi dan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang mengutamakan keswadayaan serta berwawasan pembangunan pertanian.

Fasilitas

Ruang kuliah nyaman dilengkapi audio visual, perpustakaan, radio komunitas, laboratorium sosial, laboratorium komputer/teknologi perkuliahan berbasis multimedia, perpustakaan yang dilengkapi dengan buku teks terbaru dan jurnal ilmiah, studio radio, teknologi informatika, “host spot” di seluruh area pendidikan, teknologi pembuatan video/film, stasiun Televisi (Green TV)

Kerjasama Institusi

Pemerintah dan Lembaga Internasional: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pemberdayaan Perempuan, Kementerian Pertanian, Kementerian Sosial, Badan Penelitian dan Pengembangan Badan Pertanahan Nasional, Badan Pusat Statistik, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota: Bogor, Riau, Bangka Belitung, Sumbawa Barat-NTB, Sulawesi Barat, PDAM Kota Bogor. Media: Green TV (Praktik Media Komunikasi). Lembaga Internasional:International Institute of Social Studies (ISS), Erasmus University Rotterdam, Bank Dunia (Pengembangan SDM), WWF. Penerbitan: Yayasan Obor Indonesia, IPBPress, disainku communication.Perusahaan: PT. Aneka Tambang, Tbk, PT. Indocement, Tbk, PT. Holcim, Tbk, PT. Timah, PT. Chevron, PT. SMART, World Vision, PT. Arutmin Indonesia, Radio Pertanian Ciawi.Perguruan Tinggi: Berjejaring dengan perguruan-perguruan tinggi di Indonesia: UI, UNPAD, UNSOED, UNS, UNILA, UNAND, UNCEN, Universitas Terbuka, Universitas Cordova, Gottingen University,Sophia University, Universitát Passau, University of Kopenhagen,STKS Bandung, STPN Yogyakarta.

Kompetensi Lulusan

Mampu merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk mendorong pemberdayaan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

Lapangan Kerja

  • Perencana dan penyelenggara program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (corporate social responsibility) baik di perusahaan nasional maupun multi-nasional yang bergerak di sektor pertanian, kehutanan, perkebunan, perbankan, industri, energi maupun pertambangan.
  • Pegiat dalam aksi-aksi pemberdayaan, pengembangan masyarakat, dan pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh instansi pemerintah, lembaga donor, atau lembaga swadaya masyarakat, Konsultan Masalah Sosial
  • Perencana kebijakan dan penyelenggara program-program penyuluhan pertanian, komunikasi bisnis, komunikasi massa dan komunikasi pembangunan.
  • Peneliti di lembaga-lembaga penelitian dan atau dosen di perguruan tinggi, serta aparat Pemerintah Daerah dan Pusat.
  • Jurnalis atau wartawan pada media cetak atau elektronik.
  • SDM yang berkualitas di perusahaan teknologi informasi, perusahaan provider internet; rumah produksi film, stasiun televisi, event organizer, dan public relation.

Nilai Matakuliah