Alamat

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen
Gedung FEMA Lantai 2, Kampus IPB Dramaga Bogor, Jawa Barat
Telepon : 0251-8628303, 8627432
Faksimili : 0251-8627432, 8622276
E-mail : ikk_fema [at] ipb.ac.id
Situs web: http://ikk.fema.ipb.ac.id

Nama Mayor / Kode Mayor

Ilmu Keluarga dan Konsumen/ I21

Akreditasi

A – 227/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013

Jabaran Learning Outcomes

 

Jumlah Dosen

Profesor Doktor (2), Doktor (8), Magister (7)

Mandat

Pengembangan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengmbangan kualitas anak seta pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Keunggulan

Merupakan satu-satunya departement di indonesia yang mengembangkan ilmu keluarga dan konsumen, khususnya dalam kaitan dengan pengelolahan sumberdaya keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas SDM.

Fasilitas

Ruang kuliah nyaman dilengkapi audio visual dan jaringan internet, ruang baca, free internet hotspot, laboratorium keluarga dan kembang anak, serta laboratorium pendidikan dan perlindungan konsumen.

Kerjasama Institusi

BKKBN (Ketahanan Keluarga), Depsos (Pemberdayaan Keluarga), diknas (Pengembangan Pendididkan Karakter), Bappenas (keterjaminan Sosial Dan Pengentasan Kemiskinan), kementrian pemberdayaan perempuan (Gender), swasta (Pengembangan Sekolah Karater) dan LSM (Tumbuh Kembang Anak Dan Pemberdayaan Keluarga).

Kompetensi Lulusan

  • Mampu menguasai konsep dan teori ilmu keluarga dan konsumen, khusus dalam bidang ilmu keluarga dan perkembangan anak serta ilmu konsumen dan ekonomi keluarga, dan mampu mencari formulasi alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan alternatif penanganan masalah dan mampu memberikan advokasi dalam rangka peningkatan ketahanan keluarga, peningkatan kualitas dan perlindungan anak, serta pemberdayaan komsumen.
  • Mampu melakukan upaya peningkatan ketahanan keluarga, peningkatan kuelitas anak, serta permberdayaan konsumen secara mandiri dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab dan dapat di pertanggungjawab-kan sesuai dengan profesi dan kompetensinya.

Lapangan Kerja

  • Industri jasa konsultasi di bidang keluarga,tumbuh kembang anak& pemberdayaan wanita pendidikan, pengelola/pendidik di institusi pendidikan anak usia dini
  • Tenaga akademi & penelitian, serta penanganan “customer service/complaint”
  • Pengelola program bidang pemberdayaan keluarga dan konsumen serta tumbuh kembang anak di LSM& Lembaga pemerintahan.