Fakultas Ekologi Manusia
Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen
Ketua Program Studi : Hartoyo

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan megister yang menguasai prinsip dan teori di bidang konsumen, mayor mengelola kegiatan penelitian secara profesional dan kompeten dalam perumusan program perberdayaan konsumen.

Kompetensi Lulusan

Program Studi Ilmu Konsumen (IKO) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi:

  1. Menguasai prinsip dan teori di bidang konsumen, sehingga mampu menganalisis, menemukan dan merumuskan program dan kegiatan pemberdayaan konsumen.
  2. Menguasai falsafah dan metodologi penelitian serta terampil mengelola penelitian di bidang konsumen guna pengembangan ilmu dan pengetahuan, serta pemecahan masalah di bidang konsumen.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang konsumen dalam kehidupan individu dan masyarakat untuk menjadi konsumen yang bijak dan dalam kegiatan pemberdayaan konsumen dalam rangka terwujudnya kehidupan keluarga yang berkualitas.

Kurikulum

 

Minor Yang Ditawarkan Program Mayor Ilmu Konsumen

Program Mayor IKO menawarkan satu pilihan program minor, yaitu Minor Perlindungan Konsumen, dengan kompetensi pelengkap terhadap kompetensi keilmuan utamanya (mayor) sebagai berikut: Mampu menjelaskan teori perilaku dan dinamika konsumen, serta aplikasinya dalam menyusun advokasi pemberdayaan dan perlindungan konsumen.