Community Nutrition Department

To develop nutritional sciences and its applications for families (human nutrition) and communities (communities nutrition) by relating agriculture, food, nutrition, and health for the improvement of human quality.

Departemen Gizi Masyarakat

Mengembangkan ilmu gizi manusia dan aplikasinya di keluarga dan masyarakat yang mengaitkan pertanian pangan, gizi, dan kesehatan dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia.

Family and Consumer Science Department

To develop science and technology for families and consumers to achieve family welfare by focusing on the development of children’s qualities and on the empowerment of families and consumers. 

Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen

Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang keluarga dan konsumen untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga dengan memfokuskan pada pengmbangan kualitas anak seta pemberdayaan keluarga dan konsumen.

Communication Science and Community Development Department

To develop sociology, anthropology, psychology, population studies, communication, human ecology, extension science, and community development, to encourage community empowerment on agriculture, husbandry, forestry, fishery and coastal areas.

Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Mengembangkan ilmu sosiologi, antropologi, kependudukan, politik, komunikasi, ekologi manusia, pendidikan-penyuluhan, dan pengembangan masyarakat untuk mendorong pemberdayaan masyarakat.

BUKU KARYA DOSEN FEMA

Daftar buku yang ditulis oleh Dosen-Dosen Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB merupakan buku rujukan kuliah maupun buku hasil penelitian. FEMA IPB akan terus mendorong agar keilmuan para dosen dapat didokumentasikan dalam bentuk buku untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Fakultas Ekologi Manusia

Fakultas Ekologi Manusia IPB  dibentuk pada tahun 2005 berdasarkan Surat Keputusan Rektor No.112/K13/OT/2005. Pembentukan FEMA sejalan dengan berbagai perubahan yang terjadi di IPB memasuki era otonomi perguruan tinggi (IPB BHMN) dalam proses klusterisasi (departemenisasi) departemen.

Departemen Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga (GMSK) Fakultas Pertanian berkembang menjadi Departemen Gizi Masyarakat (GIZ) dan Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK). Sementara Departemen Sosial Ekonomi Peratanian (Sosek) Fakultas Pertanian berkembang menjadi Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM), Departemen Agribisnis, dan Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL). Selanjutnya dalam proses klusterisasi, Departemen Gizi Masyarakat (GIZ) dan Departemen Ilmu keluarga dan Konsumen (IKK) dan Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM) bergabung dalam suatu kluster yang disebut Fakultas Ekologi Manusia (FEMA).

FEMA merupakan fakultas ekologi manusia yang pertama di Indonesia, dan saat ini merupakan satu-satunya Fakultas Ekologi Manusia di Indonesia dan satu dari tiga Fakultas Ekologi Manusia di Asia Tenggara.

  • Pertama di Indonesia

    Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB merupakan fakultas ekologi manusia pertama di Indonesia.

  • Memiliki Keunggulan Akademik

    Proses pengajaran dengan sistem penjaminan mutu berstandar nasional dengan layanan berbasis ISO 9001:2015.

  • Lulusan Kompetitif

    Lulusan mampu bersaing dan diterima diberbagai perusahaan nasional maupun internasional.

Mobile Ready

Kata Alumni

Bidang yang saya geluti sekarang adalah sektor pemerintah yang mengani pangan olahan, khususnya pendaftaran pangan olahan (pre market evaluation), baik itu produk pangan olahan dalam negeri maupun produk pangan olahan impor. Tentunya apa yang saya kerjakan sangat terkait erat dengan apa yang saya terima semasa kuliah di Departemen Ilmu Gizi – FEMA IPB. Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan sewaktu dibangku kuliah, mendukung dan sejalan dengan karier yang saya geluti saat ini. Harapan saya, semoga kurikulum yang ada pada Departemen Ilmu Gizi semakin update, sehingga alumninya makin bias bersaing dilevel nasional dan internasional.

Jesa Nugroho, S.GzDirektorat Registrasi Pangan Olahan - BPOM

Untuk Mahasiwa yang memiliki ketertarikan dalam ilmu komunikasi, sosial dan pengembangan masyarakat, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat FEMA- IPB merupakan salah satu jurusan yang sangat layak untuk dipilih. Sama halnya seperti saya, disana pun kamu dapat mengembangkan diri dalam meraih mimpi-mimpimu.

Valentina Sokoastri, S.KPm, MAPeneliti Sosial-Ekonomi, Riset Perkebunan Nusantara, Penerima Beasiswa USAID di Ohio State University, Amerika Serikat